Refleksi

Konflik Tanah Di Tengah Pembangunan

Pdt.Em.Josef W saat menjadi saksi ahli pada persidangan Pdt. Sugianto

“Allah menciptakan taman Eden untuk didiami dan dipelihara, tetapi manusia menjarah dan memerasnya untuk mengumbar keserakahan”.

Pembangunan Menyebakan Lapar Tanah

Pembangunan yang berorientasi pada pertumbuhan ekonomi dan ekspor telah menyebabkan penyakit lapar tanah  (land hunger) di mana-mana.  Hal itu ditulis oleh Dr. Loekman Soetrisno dari UGM dalam Suara Pembaruan (21/11/1993).  Pembangunan megaproyek, seperti pembangunan waduk, hotel wisata, jalan tol, pabrik dan perkebunan , tidak saja menelan anggaran belanja negara yang sangat besar, tetapi juga melahap tanah rakyat secara paksa. Dalam praktek sering di jumpai  rakyat di paksa menyerahkan tanahnya dengan harga murah kepada negara atau perusahaan.Aparat pemerintah lebih memihak para pengusaha daripada  rakyat sebagai pemilik… Perlawanan petani di   Tulang Bawang Lampung  PT BNIL yang gencar dimuat di media jangan diartikan macam-macam, kecuali perlawanan atas kerakusan tanah oleh pemilik modal yaitu “ empire”  yang di dukung oleh aparat.. Tidak jarang perlawanan para petani untuk mempertahankan tanah pusaka mereka  ditindas dan di fitnah. Mereka sering disebut sebagai pengacau keamanan dan anti-pembangunan. Para pendamping petani yang jadi korban pembangunan sering dituduh sebagai provokator dan di kriminalisasi seperti yang dialami pendeta Sugijanto dan guru ngaji Rajiman di Tulang Bawang Lampung..

Tanah Sebagai Ibu Pertiwi

Bumi dan alam semesta diciptakan untuk kesejahteraan  seluruh makhluk, bukan untuk mengumbar ketamakan segelintir orang. Manusia bukanlah pemilik atas tanah dan bumi, tetapi sebagai pengelola/steward  (Kejadian 1, 2; Mazmur 24:1)..  Hasil tanah tidak dimaksudkan untuk mencukupi ketamakan seseorang, tetapi untuk menghidupi banyak orang. Pada zaman dahulu tanah adalah milik masyarakat – komunal dan bukan  milik pribadi yang bisa diperdagangkan. Dalam Alkitab dan tradisi suku suku tanah tidak bisa di jual belikan. Itulah sebabnya mengapa Nabot menolak menjual tanahnya kepada Raja Achab untuk dijadikan kebun sayur ( I Raja 21 ).. Pada masyarakat primitif, menurut Emil de Levelleye, penggunaan tanah dan hasilnya digilir secara periodik (Avila, 1983:6).

Tanah menurut kepercayaan kuno bukan sekedar memiliki makna ekonomi, tetapi juga makna sosial, kultural dan spiritual. Tanah tumpah darah bisa juga disebut ibu pertiwi/ tanah pusaka, karena tidak tidak sekedar dihuni oleh orang yang masih hidup tetapi juga roh dan jasad orang yang sudah mati (Kejadian 49:29-32; Bilangan 26:52-55). Tanah sebagai ibu dari manusia karena manusia di ciptakan dari tanah.

Perubahan Status Tanah

Desmond Tutu pemenang hadiah noble untuk perdamaian berkata:.

Ketika orang Eropal datang ke Afrika mereka punya Alkitab dan kami punya tanah. Mereka mengajak  kami memejamkan mata dan  berdoa  bersama .

Selesai berdoa kami punya Alkitab  dan orang Eropa punya tanah kami.

Perkembangan masyarakat sering disertai perubahan status tanah. Perubahan status tanah bisa terjadi karena:

  • Penjajahan dan pendudukan
  • Penjualan tanah sebagai komoditi
  • Industrialsasi dan pembangunan pemukiman dan infrastruktur

Ketika ada ekspansi dan kolonisasi satu negara/bangsa terhadap bangsa lainnya, maka terjadilah perubahan status tanah. Sejak pendaratan Columbus di benua Amerika dan Vasco Da Gama di Afrika, kepemilikan tanah penduduk setempat bergeser ke tangan pendatang/ penjajah baik. Status kepemilikan tanah  bergeser dari milik bersama masyarakat setempat menjadi milik pribadi para penjajah.  Hukum adat  sering dibatalkan dan diganti dengan hukum agraria  yang dibuat oleh penguasa baru. Akibatnya tanah tidak lagi sebagai ciptaan Tuhan untuk di pelihara dan sebagai sumber hidup tapi telah berubah sebagai komoditi untuk di exploitasi.

Tanah, Budak dan Tentara

Perubahan status tanah sebagai milik pribadi telah mengubah pranata sosial. Para penguasa baru tidak mungkin menggarap tanahnya dengan tangannya sendiri.  Mereka membutuhkan budak-budak sebagai tenaga kerja untuk menggarap tanah mereka.  Itulah sebabnya setelah pendaratan Colombus di Amerika, para penjarah tanah di Amerika mendatangkan  budak dari Afrika untuk menggarap tanah mereka. .  . Makin luas tanah yang dimiliki oleh tuan tanah, makin banyak budak yang dibutuhkannya.

Dengan sistim perbudakan dan kepemilikan tanah, para budak akan tetap miskin dan pemilik tanah   makin kaya.Untuk menjaga keselamatan tanah dan harta serta keselamatan mereka,   para tuan tanah membutuhkan aparat keamanan berupa tentara dan polisi. Melalui polisi dan tentara inilah para pemilik tanah menegakkan hukum dan keamanan. Akibatnya, masyarakat terbagi atas tiga lapisan, yaitu: pertama, para tuan tanah pemilik modal ( empire), kedua, tentara; dan ketiga, rakyat jelata, yaitu para budak.

Tugas tentara adalah mengamankan keselamatan harta dan jiwa para bangsawan dari ancaman pemberontakan para budak.  Kita bisa mengambil contoh ketika kejayaan Romawi  terjadi pemberontakan budak oleh Spartacus. . Kejayaan Romawi atas negara-negara tetangga telah menimbulkan perkembangan masyarakat sebagai berikut:

  1. Timbulnya tentara bayaran dan tenaga ahli (teknokrat, seniman, dan lain sebagainya)
  2. Para tuan tanah kecil kalah bersaing dengan tuan tanah besar
  3. Penggusuran tanah terjadi, sebab tanah mereka dibutuhkan atas nama pembangunan baik untuk kepentingan publik maupun swasta.
  4. Transmigrasi dijalankan. Hukum adat diganti dengan hukum kepemilikan Romawi.
  5. Sanksi dan hukuman bagi para budak yang melawan hukum perbudakan.
  6. Mengenakan pajak pada rakyat jajahan.
  7. Hasil jarahan diangkut ke pusat pemrintahan. Tanam paksa komoditi tertentu untuk kepentingan pusat.
  8. Kehidupan mewah di kota besar dan kemiskinan di desa dan negara jajahan.
  9. Tugas negara adalah menjaga milik pribadi (Cicero), bukan menyejahterakan rakyat.
  10. Kepala daerah bukan dipilih oleh rakyat, tetapi dipilih oleh pusat.

Bagaimana Denga Indonesia?

Dalam kehidupan sehari hari  pranata sosial ini masih terasa dalam bentuk baru.

Sejak kedatangan Belanda di Indonesia, hukum kepemilikan tanah secara  adat sering diabaikan dan harus di sesuaikan dengan hukum nasional. Sering kali hukum nasional yang di buat bukan untuk melindungi petani tapi untuk melayani mereka yang akan investasi.  Beberapa tanah di bumi pertiwi sedikit demi sedikit tapi pasti berubah menjadi milik beberapa pejabat atau warga Belanda yang bermukim di Indonesia…   Kepemilikan tanah secara komunal mulai diganti menjadi kepemilikan tanah berdasarkan secarik kertas ( sertifikat).

Wajah  pembangunan  Indonesia sejak merdeka masih  melanjutkan warisan colonial. Tatanan itu  melayani “ empire”  bukan petani. Semboyan buruh dan petani sebagai soko guru revolusi maupun pembangunan sering di salah artikan. Buruh dan petani hanya dituntut untuk berkorban bagi revolusi dan pembangunan bukannya penerima hasil pembangunan.    Sejak Orde Baru  pembangunan memang membawa kemajuan ekonomi tapi sekali gus   membawa perubahan status tanah dan hutan di berbagai tempat di Indonesia.. PT. Freeport mendapatkan konsesi di tanah Papua, PT Inco di Sulawesi Selatan dan PT BNIL di Sumatera. Akhirnya masyarakat setempat menjadi korban hukum pembangunan. Penduduk setempat sebagai pemilik tanah telah disingkirkan dan diganti dengan penguasa baru. Keputusan  HPH (Hak Pengusahaan Hutan)  sering  lebih menguntungkan segelintir orang . Sumberdaya alam berupa tanah, hutan dan laut tidak lagi untuk kesejahteraan masyarakat setempat, sebaliknya menjadi sapi perahan untuk kerakusan para pendatang.

Keadilan Agraria Dan Agama

Peranan agama dalam kepemilikan tanah dan perbudakan seringkali mendua.  Tidak jarang agama yang diwakili para imam cenderung memihak penguasa dari pada petani.  Ketidakadilan yang dilakukan para imam pada zaman Mesir kuno, misalnya sering mengakibatkan pemberontakan petani (Epsztein, 1983:27).

Dalam kisah Yusuf dalam kitab Kejadian, saat terjadi masa panen selama tujuh tahun,Yusuf  berhasil membeli hasil panen para petani Mesir dan menyimpannya dalam lumbung lumbung negara. Saat masa paceklik tujuh tahun tiba Yusuf membuka lumbung gandum untuk dijual kepada petani Mesir. Ketika para petani tidak punya lagi uang untuk membeli gandum, mereka menjual ternaknya untuk mendapatkan gandum. .Selanjutnya ketika para petani tidak memiliki ternak dan sawah lagi untuk dijual sebagai ganti gandum, maka dalam Kejadian 47; 18 dan 19  petani Mesir datang pada Yusuf  dan berkata :: “ Tidak usah kami sembunyikan bahwa setelah uang kami habis, setelah kumpulan ternak kami menjadi milik tuanku, tidaklah ada lagi yang tinggal yang dapat kami serahkan kepada tuanku selain badan kami dan tanah kami”  Selanjutnya dalam ayat 19 petani berkata: “ Belilah kami dan tanah kami sebagai ganti makanan, maka kami dengan tanah kami akan menjadi hamba kepada Firaun….”

Lahirnya sistim perbudakan tidak lepas dari penguasan tanah oleh seseorang atau kelompok orang. Pada zaman Yusuf orang Mesir tidak hanya harus menjual tanahnya kepada Firaun demi makanan  , tapi juga menjual tubuhnya, kemerdekaannya untuk menjadi budak . Akhirnya seluruh tanah yang dulunya di miliki rakyat di kuasai oleh Firaun kecuali tanah milik imam. (Kejadian 47:22).

Istilah buruh migran merupakan penghalusan untuk menutupi praktek perbudakan modern dengan istilah yang lebih manusiawi. Terciptanya buruh migran karena  ada tuntutan kebutuhan untuk mengelola kepemilikan tanah dan kekayaan  disatu pihak serta keluarga petani yang harus menjual  tubuh mereka dilain pihak. Karena tidak ada lagi  tanah dan harta yang bisa mereka jual untuk mendapatkan makanan.

Kehidupan para imam Mesir mendapatkan tunjangan hidup dan kesejahteraan dari Firaun, sehingga agama telah di kooptasi oleh negara dan agama menjadi alat untuk melegitimasi kebijakan negara. Fungsi agama hanya mendoakan kepentingan Firaun bukan untuk mendengarkan jeritan petani. Para imam di Mesir  menjadi tidak peka  atas jeritan budak Isreel karena mereka menjadi kaki tangan Firaun. Dalam kontek inilah muncul seorang bernama Musa sang pembebas budak..

Soal kepemilikan tanah, hukum Hamurabi dari Babil hampir serupa dengan hukum Musa di Israel.  Di Mesopotamia dikenal pembebasan budak tiga tahun sekali, sedangkan di Israel tujuh tahun sekali.  Di Mesopotamia juga dikenal hukum penggiliran tanah untuk para penggarap.  (Bandingkan dengan tahun Yobel yang diselenggarakan lima puluh tahun sekali di Israel).  Tanah yang digadaikan dikembalikan pada penggarap semula atau keluarganya. (Imamat 25). Bagaimana dengan Freeport yang sudah mencapai lima puluh tahun di tahun 2017?

Praktek tanah sebagai milik pribadi adalah menyangkali Allah sebagai pencipta dan pemilik langit dan bumi.   Allah menciptakan Adam dan Hawa sebagai pemelihara-penunggu, bukan pemilik taman Eden.  Manusia harus berbagi kehidupan dengan makhluk lain di taman Eden.

Iman Kristen yang bersumber dari tradisi Mesopotamia (Timur Tengah)  seharusnya memperhatikan kepemilikan tanah secara komunal. Tetapi selama berabad-abad khususnya setelah era raja Konstantin Agung, iman Kristen  banyak dipengaruhi filsafat Romawi. Saat ini ajaran  Kristen yang berkembang  lebih mengutamakan  kepemilikan pribadi   berupa harta milik dan tanah serta keselamatan pribadi. Yang penting gue di selamatkan yang lain binasa salah lu.  Dalam hukum Romawi tentang kepemilikan pribadi, manusia berhak memakai, memelihara atau merusak apa yang dia miliki tanpa ada tanggung jawab terhadap lingkungan (masyarakat di sekitarnya). Tugas negara bukan menyejahterakan rakyat, tetapi melindungi kekayaan pribadi. Demikian juga  agama  bukan untuk memberdayakan orang miskin tapi menghukum orang kafir. Reformasi Martin Luther gagal menyentuh keadilan agraria karena ia  berutang budi kepada pangeran German. Akibatnya ajaran Kristen yang disebarkan ke Dunia Ketiga lebih mementingkan keselamatan dan kekayaan pribadi serta mengabaikan ajaran kepemilikan  komunal ( common goods).  Tujuan dunia diciptakan oleh Allah , bukan untuk mengumbar keserakahan konglomerat tapi mensejahterakan rakyat.

Teologi lingkungan hidup dan gerakan pelestarian alam tidak ada artinya apabila tidak dikaitkan dengan teologi taman Eden atau teologi agrarian justice.  Yaitu penataan ulang kepemilikan dan pengelolaan tanah.  Manusia tidak saja telah merampok taman Eden dari sesamanya, tetapi juga telah merampok taman Eden dari milik  Allah.  Tahun Yobel harus dilihat sebagai pertobatan komunitas seharusnya  menjadi inti dari pengharapan orang percaya dalam mewujudkan agrarian ( economic) and  ecological justice. Keadilan ekonomi dan ekologi seharusnya menjadi inti dari pemberitaan Injil (Lukas 4:18-20; Matius 25:31-46; II Petrus 3:1-16; Wahyu 21). .  Manusia adalah pengelola taman Eden bukan pemilik, Sebab itu tak ada hak untuk menguasai dan merusak taman Eden.

Penutup: Paradigma Baru Kemajuan

Kemajuan pembangunan tidak cukup diukur dengan kenaikan GNP dan GDP tapi perlu juga memperhatikan equality( kesetaraan)  dan sustainability. Meningkatnya produksi, pemakaian tehnologi  harus mampu mengurangi angka kemiskinan dan kematian serta kelestarian alam. Ukuran kemajuan seharusnya, memperhatikan:

  1. Bukan makin banyak mobil pribadi yang beroperasi di jalan raya, tetapi kemudahan – keselamatan rakyat banyak yang menggunakan transportas masal.
  2. Bukan makin mewah mobil yang harus dibuat, tetapi mobil ramah lingkungan  yang harus diciptakan.
  3. Bukan makin banyak rumah sakit mewah yang dibangun, tetapi makin banyak rakyat yang bisa disentuh pelayanan kesehatan.
  4. Bahwa kemajuan teknologi dan pertumbuhan ekonomi yang dicapai mampu memberi manfaat pada kesejahteraan rakyat.

Pada era abad dua puluh satu, kemiskinan dan kerusakan lingkungan makin memprihatinkan semua orang.  Nasib milyaran  manusia dan kerusakan alam tidak mungkin diselesaikan dengan cara pembangunan yang berorientasi pada pertumbuhan ekonomi , peningkatan ekspor, kemajuan teknologi dan pendekatan keamanan semata.  Dunia membutuhkan paradigma baru dalam mengukur keberhasilan pembangunan. Paradigma baru tersebut harus memperhatikan tiga hal berikut ini; Pertama, bahwa pembangunan harus berpusat pada pemberdayaan kemandirian rakyat; kedua, kelestarian lingkungan dan ketiga transformasi tatanan sosial ekonomi  yang adil.

Ini berarti, bahwa perwujudan agrarian justice, partisipasi rakyat, demokrasi, hak asasi manusia,  keadilan bagi semua orang dan kelestarian alam harus menjadi indikator keberhasilan pembangunan.

Indikator baru dalam mengukur keberhasilan pembangunan  ini dalam bahasa iman adalah jalan pertobatan. Artinya berbalik arah 180 derajad. Dari greedy menjadi sharing economics. Pembangunan tidak sekedar membutuhkan keamanan dan pertumbuhan ekonomi tapi juga penghormatan HAM dan kedaulatan rakyat serta pemerataan ekonomi..  Tugas manusia adalah merawat dan berbagi kehidupan bagi sesama dan alam semesta.

 

bacaan :
Avila Charles, Ownership, Early Christian Teaching, Orbis Books New York 1983
Driemmelen Rob, van Faith in a Global Economy, WCC,Geneve 1998
Epsztein Leon Social Justice in the Ancient Near East and the People in the Bible,SCM Press LTD London, 1983
Gonzalez L.Justo, Faith and Wealth,Harpher and Row Publication, San Francisco, 1990
Robertson James, Future Wealth, Cassel Publishers Limited, London,1990
Harian Suara Pembaruan, Jakarta 21 November 1993
Di sampaikan di Sekolah Tinggi Teologi Abdiel Ungaran Semarang tanggal  10  April 2017.
Pdt. Em Josef Purnama Widyatmadja
Center for Development and Culture Surakarta.
jwidytmadja@gmail.com  Phone/wa 081360248845

Silahkan baca yang lain...

Silahkan dibagi...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInEmail this to someone

Discussion

No comments yet.

Post a comment

*

Related Post

  • dea Syalom , saya dea . Pengumuman seleksi akhir beasi
  • dina widya indraswari syalom saya mau tanya apakah pendaftran beasiswa m
  • dina widya indraswari syalom, mau tanya apakah pendaftaran beasiswa untu
  • njoo mau tanya untuk beasiswa sekolah teologi masih ada
  • Alfrido Shalom, saya mau bertanya. Apakah beasiswa YBO ini
  • Eko Nugroho Doaku ; Semoga Gereja anugerah Tuhan ini tetap sat
  • Febri shalom,maaf saya mau tanya, kenapa formulirnya tid
  • Terbitan Sinode Semester I Tahun 2016 | SINODE GKSBS […] DOWNLOAD […]
  • Janet Jessica Audini Shalom. saya mau nanya, setelah mengisi brosur bea
  • CHRISTIAN SUTRISNO Trim's.
  • Eko Nugroho Sebelumnya, terimakasih atas responnya. Sebenarny
  • Yeru Endies Salam sejahtera... Maaf mau tanya tentang G-AKSI
  • sugianto pelayanan nyata yang luar biasa. selamat berkarya.
  • Swisby Simanjuntak dear Admin, mohon bantuannya mengenai Rancangan
  • Swisby Simanjuntak dear Admin, karena menurut saya, masalah saya i
  • admin mengapa dihapus? menurut saya biarkan saja.toh bis
  • Swisby Simanjuntak dear admin, Mohon untuk bantuan, apakah sudah b
  • admin terimakasih, sudah ada perbaikan
  • Eko Puji Cahyono Hanya memberikan Info, tlong nama Pnt. Edi Sukarno
  • Swisby Simanjuntak Dear Bapak Pdt. Eko, Terima kasih banyak buat s
  • Eko Nugroho Bpk Swisby Simanjuntak yang terkasih, Kami meng
  • Swisby Simanjuntak Dear Bapak Pdt. Eko Nugroho, Terima kasih banya
  • Eko Nugroho Bpk,Swisby Simanjuntak TErimakasih telah berbagi
  • Swisby Simanjuntak Dear Bapak Pdt. Eko Nugroho, S.Si, Mohon bantua
  • Pelangi Cake Halo Pak, sepertinya file yang ada tidak bisa diun
  • Ruly Chesia Purba syalom min, nama saya Ruly Chesia Purba, dari kota
  • Lendius wanimbo gbu
  • rahayu daniel Kepada yang terkasih PDT. SRI YULIANA, M.TH, Se
  • rahayu daniel setelah daniel membaca perjalanan kehidupan keluar
  • admin tunggu saja tahun 2016. ini sudah melewati batas.
  • ruth hutabarat Syalom min. mau nanyak, pengumuman beasiswa ybo ny
  • candra Syalom Dengan hormat perkenalkan nama saya Haris,
  • chatty mintje syaloom... Kami telah mengirimkan format isian un
  • thio syalom.. sya ingin bertanya dimana sya bisa liat
  • harjanto sepertinya persyaratanya sudah disampaikan di bros
  • SHELLY CHATRINE TARIGAN Shalom, Min, apakah akreditasi prodi mempengaru
  • SHELLY CHATRINE TARIGAN Shalom, Min, apakah akreditasi prodi mempengaru
  • VISTA LUSEN syalom,, saya ingin bertanya .. apakah akredita
  • why di sudut-sudut hati semua manusia ada satu harapan
  • ankgoro Om admin, Foto yang pertama apa gak salah pilih?
  • ankgoro Kegiatannya bagus, tapi kenapa hanya UU Desa? Ap
  • Bonik Mandala Syalom .. saya bonik mandala dari Universitas kri
  • vivi ini beneran kan?
  • rita yurdina salam,pak saya mau nxa,beasiswa ne bsa diikuti lul
  • agus Politik Gereja itu seperti apa ya pak?
  • mesak meha rangga syalom bapak/ibu, saya Mesak mahasiswa bahasa Ingg
  • mesak meha rangga apakah masih bisa saya mendaftar beasiswa ini
  • Susi Eka Pakpahan Shalom Ibu/Bapak.. Sya S1 PAK dari STT Paulus Meda
  • asnita panjaitan syalom... Ibu/Bapak... kemaren saya telah mengir
  • Yorita Ari Syalom... Bapak/Ibu apakh syarat beasiswa telah ki
  • cyauni Syalom... saya cyauni dari Medan, saya kuliah di
  • yustus sakan Salom..saya Yustus Sakan asal Soe-NTT, sekarang sa
  • Oktaviani Puspita Sari Syalom, Sya Oktaviai puspita sari, dari lmpung ua
  • fany pangaribuan shalom, maaf mas saya mau tanya saya mahasiswa an
  • Admin Terimakasih bung Ferry. tapi perlu kami informasik
  • Ferry syalom...salam dalam kasih KRISTUS saya sangat be
  • Ferry syalom....saya sudah krim formulir yang dari YBO k
  • Bunga Ria Yuliana Siahaan syalom pak, saya bunga ria yuliana siahaan dari U
  • Yonas Meti, SE Syallom... kapan akan dibuka kembali pendaftaran
  • Marin Toding K Syalom.. Saya dari GT Tiatira Makassar , sekarang
  • media informasi GKSBS kami sudah menerima informasi dari YBO, silahkan d
  • media informasi GKSBS terimakasih. silahkan dipelajari brosurnya. itu la
  • aldeya veronica Maaf ..untuk tahun 2014..saya mohon informasi beas
  • Dwi Safitri Syalom,sy dari GKSBS Gunung Pasir Jaya,sy kuliah d
  • palaguna lumban gao syaloom saya palaguna lumban gaol,mahasiswa yang
  • palaguna lumbangaol syalom,,,salam damai buat kita semua sblomnya say
  • Ine Abrahams Kalau saya di ambon, darimana dapatkan formulirnya
  • Julius Sugarjanto Departemen apakah yang meng-"cover" nila
  • adista wikana syoom admin... info selanjut nya kapan yaaa sete
  • Eko Nugroho Panitia sudah menghubungi beliau secara langsung v
  • Totok Wiryasaputra Kalau boleh memberi informasi secara jujur, memang
  • Harold JD Waas Syaloom, Saya mahasiswa program Pasca Sarjana (S3
  • nico menghadirkan Pdt. Prof.Dr. Mesach Krisetya? apa ga
  • Adi Purwantoro N Syallom, Bp/Ibu, saya mau tanya apakah ada progra
  • Alfred Ruben Gordon Ta'ek Selamat bagi para peserta yang dapat mengikuti wor
  • Work Plan Juli-Sept 2013 & Raker panitia Ad Hoc Tata Gereja | gksbs [...] Download [...]
  • Martin Syallom. Saya martin, sebagai mahasiswa teologi UK
  • admin Mohon maaf, kami tidak memiliki keterangan yang cu
  • Edward syahlom admin, saya mau nanya ni seputar beasisw
  • Terbitan Sinode Semester II tahun 2013 | gksbs [...] Download [...]
  • Martha Hutabarat Syalom , saya sudah mendapat form formulir , smua
  • desi hutabarat syalom. saya kuliah di universitas HKBP Nommensen
  • Niyoga saya sudah mengirimkan form via pos, kira2 kapan p
  • Ni Putu Prayoni Roshita Saya sudah kirim permohonannya, kapan formulirnya
  • Roni untuk perkenalan awal (seperti berkirim surat, pro
  • sopie syalom saya sudah mengirim formulir permohonannya
  • Achonk Wooowww...Hebat GKSBS dah punya pendeta khusus utk
  • samuel Archie Spinoza mantap... selamat ulang tahun sumberhadi
  • admin Buat teman-teman yang sudah memperhatikan informas
  • sita syalom admin apakah yang mengkuti beasiswa ini
  • benni josapat nababan salam sejahterah, bapak/ Ibu, saya ingin bertany
  • eko nugroho Seorang yang bernama, Dalijo, orang desa, ketika m
  • Kristanto Budiprabowo Ini berita yang menyenangkan dan membawa pengharap
  • victor agustian barcelo untuk informasi dari pihak GPIB blum jelas,,,, ap
  • dwi hosanna syalom.. sy sdh mengirimkan formulir permohonan. s
  • Livia Priscila Syalom. pengiriman surat permohonannya melalui ka
  • Admin bisa.. silahkan datang ke kantor sinode.
  • sopiyanna syalom pak saya masih bisa ambil formulirnya gk?
  • admin Untuk formulir permohonan hasil scanning sudah bis
  • Admin Formulir YBO memang langsung dikirimkan ke Sinode-
  • victor agustian barcelo domisili saya skarang d kota padang pak/bu,,, say
  • Admin syalom mas Victor, kalo boleh kami tahu domisili s
  • victor agustian barcelo syalom pak/bu saya mau tanya bagaimana cara menda
  • admin Terimakasih sudah menghubungi. Karena ini adalah p
  • novie syalom.. kalau bukan anggota gksbs darimana menda
  • sugianto luar biasa. refleksi yang sangat cerdas dan jernih
  • citra purba thn 2013 untuk wilayah Pekanbaru udah ada formulir
  • tatok Ini peristiwa besar yang patut disyukuri oleh selu
  • sri yuliana Mengapresiasi kegiatan ini. Sangat baik bagi para
  • Anggoro Yth, MPS GKSBS & Panitia Ad Hock 1. Setelah
  • etha sagala formulir biasanya bulan feb, bu..
  • Piaf Sudah terlaksana dengan baik. pada diskusi kemarin
  • Endro Wiyono, S. Th mohon diterbitkan buku panduan PA untuk Ibu-Ibu ka
  • Totok S. Wiryasaputra Gereja memang bukan lembaga politik dan tidak perl
  • kristiawan heru terima kasih Pak Tatok, nanti kita akan pelajari h
  • tatok Ini ide yang sangat cemerlang. Setelahbicara Polit
  • Rusman Setuju juga dgn pendapat Pak Bambang, tapi lebih s
  • Admin Setahu saya, beasiswa YBO itu yang mengadakan Yaya
  • Totok S. Wiryasaputra 1. Perceraian bukan sesuatu yang kita harapkan. Ge
  • BUNGA RIA Bukan pak, saya dari Pekanbaru pak, o ya pak, say
  • bambang suseto tergantung siapa yang menilai(mungkin belum bagi m
  • bambang suseto Saya bersukur apabila Gereja dengan tegas masih me
  • sri yuliana Poin penting yang perlu dicermati dalam diskusi po
  • bambang suseto Dalam hal ini saya cocok dg Mas Tatok, Pandangan y
  • tatok Semoga dibaca oleh para pelayan dan pemegang kekua
  • tatok Berpolitik adalah menentukan sebuah pilihan. Ketik
  • Prapto Buku-bukunya hanya untuk BPK Gunung Mulia saja ya?
  • Totok S. Wiryasaputra Saya dapat dihubungi melalui email twiryasaputra@y
  • Totok S. Wiryasaputra Perkenankanlah saya ingin memperkenalkan diri. Say
  • Anto Salam Damai Sejahtera bagi Kita semua, Amin. seben
  • Anto salam Damai Sejahtera Bagi kita semua, Saya orang
  • bambang suseto sangat memalukan ( itu yang ada dalam benak saya )
  • Anggoro Pak Kris yth, Salam kenal & salam hormat, say
  • trismartono Mas Anggoro,(yg mana ya?,maaf karena tdk ada perke
  • agus m mantap.................deh...maju terus...........
  • agus m Mak Comblang................wah...senang sekali de
  • Prapto Komitmenya kok seperti Pokok Ajaran ya.. Tidak usa
  • david bersama kita bisa bercerai kawin lagi? tapi opo
  • why iyo yo..... Why................Why..............W
  • Henriette Antara Metro dan Bandar Lampung. Terkadang kami bu
  • Prapto lokasinya dimana itu? dan apakah ini bagian dari p
  • nicorius selayang pandang, saya melihat fenomena yg telah b
  • kristia ' keterebukaan adalah awal dari pemulihan �
  • sugianto lanjutkan. GBU. salam semangat, om gie
  • nina Shalom, Puji Tuhan, Camp Wanita Bijak terlah be
  • alib bagus - bagus. Saya punya niat mau panggil pendeta
  • Prapto Apakah juga difasilitasi tentang macam-macam keker
  • Surahmat Hadi PENJELASAN SINGKAT ALASAN PENAHBISAN SDR.SUGIANTO,
  • Surahmat Hadi II. SEJARAH SINGKAT GKSBS SUMBERHADI GKSBS Sum
  • Prapto Pak... kok justru hasil diskusi panel ga dicantumk
  • Surahmat Hadi AKU ADALAH AKU Kalau kupikir-pikir terasa aneh
  • Surahmat Hadi Cerita Yakub Namaku Yakub. Ayahku yang memberik
  • sugianto semua: makasih telah membaca dan memberi komentar.
  • yunius irwanto ...perjuangan kita adalah mewartakan kasih dan keb
  • Pdt. Kristanto Budiprabowo Memberitakan sebuah perjuangan kasih, penerimaan p
  • kristiawan heru 3 peran fungsi pemimpin yang pak Gie sampaikan men
  • kus aprianto Sebenarnya partikular tidak ada jika tidak ada uni
  • kus aprianto Paragraf terakhir itu sebenarnya yang diubah dari
  • naomi maria saya mengerti dan bisa menerima tulisan ini. hanya
  • sri yuliana ibu Naomi yang baik, Terima kasih atas komentar
  • naomi maria saya memahami tulisan ini. hanya satu yang tidak b
  • Pdt. Kristanto Budiprabowo Ya gampang tha.... Judulnya: Meski tak direstui M
  • Admin Sebentar... saya jelaskan. sampai sejauh ini say
  • Pdt. Kristanto Budiprabowo hehehe.... kok aneh komentarnya? Bisa dijelaska
  • sri yuliana Menanggapi komentar dari Pdt. Kristanto, dan bukan
  • Pdt. Kristanto Budiprabowo Tulisan yang menarik dan perlu direfleksikan oleh
  • Giovany Heny Hehanussa saya Giovany Heny Hehanusssa, mau tanya apakah pen
  • agus meski terlambat diucapkan selamat lah ya bu.......
  • agus saya sebagai yang masih muda dan baru belajar ber
  • trismartono BENARKAH GKSBS DIBANGUN OLEH TUHAN YESUS?? Bapak-
  • Totok TS Salam kasih persaudaraan di dalam Tuhan Yesus Kris
  • Christya Salam persaudaraan. Rekan-rekanku sepelayanan,
  • yunius irwanto slamat atas pengutusan nya bu pdt...kupasan yg men
  • yunius irwanto jika memang sangat diperlukan sepertinya perlu dip
  • Totok TS Sobat-sobatku yang saya cintai, hai semuanya salam
  • admin (catatan admin : saya memindahkan komen dari Pak C
  • Christya Yth. rekan-rekan dalam Rumah Bersama, Sungguh
  • Pdt Erik Berhubung saat ini tidak ada lagi yang mengisi dis
  • Surahmat Hadi Menjelaskan yang dimaksud oleh Pdt.Christyo, menge
  • sri yuliana Nah, sekarang bagaimana dengan nasib Tim TG/Paniti
  • Kristanto Budiprabowo Saudara-saudara para pecinta web GKSBS, Seperti
  • Dermina Naibaho ya...ya....mohon dipertimbangkan
  • Liskha Susandra Pabendan , SE Syalom Pengurus, Apa kabar semua , masih ingat
  • yunius irwanto pak Pdt. Christya, saya pun ketika berada dalam pe
  • wahyu kristiono saya senang membaca komentar komentar di atas...ya
  • Kristanto Budiprabowo sekali lagi trimakasih pak Sekum atas penjelasan y
  • Christya Selamat siang kawan-kawan. Supaya ruangan ini b
  • Anggoro GKSBS rumah bersama bukan rumah pribadi
  • Anggoro Yth MPS, saya adalah jemaat GKSBS yang tidak m
  • Feri Nugroho Salam kasih dalam Kristus, Terkejut saya menerima
  • Kristanto Budiprabowo Mula-mula saya mau no comment aja disini, karena i
  • setyo proses yg puanjang dan melelahkan. salut. semoga d
  • Kristanto Budiprabowo NO COMMENT .......................................
  • SUWAJI 1. TERIMA KASIH ATAS KERJA KERAS TIM AMANDEMEN TAG
  • merri ginting syalom... kalo beasiswa S2 untuk tahun 2012 ini m
  • Bambang setiyono Shalom....bos admin maaf ya saya mau tanya ni,,,be
  • pnt Bambang setiyono ya....smoga gksbs berubah dan BERBUAH
  • admin Anggie, tidak bisa. dan sekarang batas akhir penye
  • Anggie Anggraeny Shalom .. apa beasiswa YBO bisa dibuat untuk si
  • Bambang setiyono Saya sangat senang mengikuti seminar ini,semoga ap
  • admin Terimakasih Bunga Ria. Anda dari Bangka Belitung??
  • BUNGA RIA YULIANA SIAHAAN i want to get you ybo
  • admin Anda bisa download brosur. semua keterangan sudah
  • Kenia saya masih boleh mengirim formulir pendaftarannya?
  • Achonk setiap ada keinginan untuk mencapai suatu keadaan
  • sugianto bagus. dan akan semakin bagus jika kita sudah meng
  • Alfred Pemberian yang diharapkan tidak semata-mata harus
  • priskylla shaloom,, saya sebagai jemaat GBI Sukawarna Bandu
  • admin itu bisa di download langsung kok.
  • JeNi syalom... boleh kirim formulirnya via email tdk?
  • Anggie Anggraeny Shalom .. Formulirnya bisa diambil dimana ya, s
  • elfi syalom pak, formulirnya tidak bisa di download. b
  • admin Siwi, coba saja kirim formulir. nanti kan akan ada
  • Chriscahyani saya mau tanya, apakah bisa yang program studi nya
  • admin Selamat siang Mas Budi, formulir ada di kantor sin
  • Budi Santoso Syalom... nama saya Budi Santoso. Maaf pak mau ta
  • admin Mendengarkan cerita dari mereka berdua seperti men
  • tatok RUMAH BERSAMA "(Aku) Tak punya rumah, namun
  • admin Siapa tuh???
  • tatok bisakah dicantumkan photographernya??
  • pdt. tatok trimakasih atas informasi yang menarik mengenai pe
  • bambang sumanto Kiranya harus dipikirkan bersama tentang pergumula
  • kristanto budiprabowo Malam ini muncul ide baru bahwa perlu dipikirkan m
  • teci triangka m Syalom...... Salam sejahtera dlm Kasih Kristus...
  • sugianto ide yang bagus, yang bisa menginspirasi agar kita
  • sugianto laporan yang sangat baik. sangat baik jika para pi
  • pendeta tatok terimakasih atas tulisan yang sangat evaluatif, kr
  • tatok laporan perjalanan yang sangat menyenangkan. Aku j
  • admin Betul Pak Tatok.... aku seneng dengan istilah &quo
  • tatok Senang mendengar teman-teman bisa mengikuti traini
  • Agus Miswanto maksih banget tulisannya dapat menjadi wacana dan
  • Fajar Wah tulisannya bagus penuh inspirasi.. (GKSBS Jamb
  • Ruswanto Bagus tulisan Saudara kiranya dapat meng-inspirasi
  • Ruswanto Bagus tulisannya kiranya meng-inspirasi Jemaat se
  • pdt. tatok trimakasih atas tulisan yang sangat kontekstual de
  • budi gimana kalau ada pemimpin yang udelnya "bodon
  • pdt. tatok sebuah faith-based organisation di era globalisasi
  • sugianto ada juga pemimpin yang tidak punya udel. jadi dia
  • Pnt Alib sip..tapi juga perlu gksbs renungkan bahwa pendeta
  • pdt. tatok sebuah pemikiran yang sangat menarik hasil dari se
  • pdt. tatok Selamat untuk semua kawan yang sedang melaksanakan
  • admin Sdr. Susi yang baik menikmati video di internet me
  • susi shalom.Sy susi dr GKSBS bengkulu (GKSBS Kurotidur)
  • tak ada nama tak ada rupa terima kasih sudah di up load di GKSBS.ORg. Mudaha
  • Alfred Terima kasih kepada MPS GKSBS melalui Staff Kantor
  • Solichin Daniel Sampai saat ini saya masih dan tetap berstatus pen