Berita

Takdir Atau Tidak?

Oleh Pdt. Henriette Nieuwenhuis

Sore hari. Saya pulang kerja dan ingin santai. Jadi saya menghidupkan tv. Ada dokumenter disiarkan. Karena saya masih bingung dengan bahasa Indonesia, saya tidak memahami semua yang saya mendengar. Tetapi saya bisa mendengar suara narator. Suara yang penuh dengan kasihan. Dan saya menonton. Saya melihat orang yang miskin, mereka tinggal di rumah dari bambu. Saya melihat suami-istri. Suami yang menangis karena kesulitan hidup mereka. Ada satu kalimat dari Bapak ini yang memasuk telinga saya: ‘Semua diatur dari Atas’.

Takdir. Kata itu berbunyi dalam kepala saya. Dan sebenarnya bukan untuk pertama kalinya. Ada banyak contoh lain bisa diberikan yang kurang lebih langsung berhubung dengan takdir. Ketika P.A. ada bapak yang bilang: ‘Kalau tidak ada orang miskin, banyak pekerjaan tidak bisa diselesaikan’. Dan pada saat P.A. lain ada pemuda bertanya: ‘Bagaiman hubungan antara takdir dan masalah?’ Dan waktu ada pencurian di rumah teman saya, dan kebetulan dia memutuskan mau ke luar walaupun sakit. ‘Siapa tahu saya akan dibunuh kalau masih ada di rumah’. Orang disekitar dia menyebut itu ‘takdir’ juga.

Saya merasa takdir di Indonesia lebih kuat dibandingkan dengan Belanda. Mungkin karena rata-rata di Belanda Tuhan tidak ada ‘realitas’ lagi, sedangkan Ketuhanan yang Maha Esa salah satu dasar negara Indonesia. Saya akan menggarisbawahinya: definisi ‘takdir’ di Kamus Besar Bahasa masing-masing berbeda. Kalau di Indonesia takdir didefinisikan: ketetapan Tuhan; ketentuan Tuhan. (Nasib: sesuatu yg sudah ditentukan oleh Tuhan atas diri seseorang). Di Belanda jauh berbeda. Takdir: jalannya peristiwa yang tak dapat diramalkan.

Pertanyaan saya adalah: apakah ada hubungan antara takdir dan Tuhan dan kalau begitu bagaimana hubungannya? Dan dari relasi itu apa akibatnya untuk peristiwa sehari-hari? Demi kejelasan: untuk memudahkan tulisan ini, saya tidak membedakan antara takdir dan nasib.

Kalau takdir adalah ketetapan atau ditentukan oleh Tuhan, itu jelas bahwa hubungan antara Tuhan dan takdir menjadi sangat kuat. Apa saja yang terjadi dalam hidupnya adalah kehendakan Tuhan. Dan Allah sudah menetapkan semua langkah dalam hidup orang masing-masing. Semua sudah direncanakan. Diatur dari Atas.

Kalau takdir menjadi jalannya peristiwa yang tak dapat diramalkan, orang tidak mendapat pegangan siapa memimpin hidup mereka. Karena kita tidak tahu kalau ada siapa atau apa yang mengatur semuanya. Hidup ini ‘jalan’ saja. Sesuatu bisa terjadi dalam hidupnya, tetapi kita tidak tahu mengapa.

Sebaiknya kita membuka Buku Besar yang lain. Yang semoga bisa membantu kita untuk merefleksikan semua. Dari kata takdir dan nasib, hanya nasib yang muncul di Alkitab. Tetapi saya tidak mau memakai Buku ini sebagai Kamus, yang penuh dengan definisi. Saya ingin berusaha mencari karakter Tuhan terhadap manusia terkait dengan tema takdir. Dan bagaimana refleksi ini punya dampak untuk peristiwa sehari-hari, khusus orang yang miskin, kemiskinan dan diakonia.

Mungkin saya bisa mengajak saudara untuk menulis tentang takdir dan Tuhan. Dengan perhatian tips yang diajari di ‘Semiloka Menulis’ minggu yang lalu:

–          Tuliskan visi Allah!

–          Sebaiknya sederhana dan dibatas! (Jadi maksimal 1 halaman, Times New Roman 12)

–          Firman Allah adalah hidup, jadi tafsirlah untuk hari ini!

 

Mari kita menulis!

Silahkan baca yang lain...

Silahkan dibagi...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInEmail this to someone

Discussion

2 Responses to “Takdir Atau Tidak?”

  1. Cerita Yakub

    Namaku Yakub. Ayahku yang memberikan nama itu. Padahal kata orang Yakub artinya licik dan suka menipu. Tapi nggak apalah, aku bernama Yakub kan bukan kemauanku.

    Ayahku bernama Iskhak dan Ibuku, Ribka. Aku dilahirkan sebagai anak yang kedua. Yang lahir duluan Esau. Sejak awal aku tidak suka kenyataan ini. Yang aku mau, aku lahir lebih dulu. Biar aku yang nomor satu. Sialan…malahan Esau yang duluan.

    Kata ibuku sudah sejak dalam kandungan aku suka bertengkar dengan Esau, sehingga ibuku merasa kesakitan perutnya. Tapi pada saat keluar dari rahim ibuku, ternyata Esau yang menemukan pintu keluar lebih dahulu. Aku mau buat perhitungan sama Esau. Aku harus menjadi yang sulung, yang nomor satu. Bagaimanapun caranya.

    Menurut ayahku, Iskhak, warisan berharga akan diberikan kepada anak yang sulung. Sedangkan menurut ibuku, Ribka, anak yang banyak akal dan dikasihi oleh orangtuanya akan menerima warisan berharga. Aku harus buat rencana. Ya..rencana mengenai bagaimana caranya dikasihi dan banyak akal untuk mendapatkan warisan berharga itu.

    Rencana pertama adalah bagaimana caranya dikasihi oleh ayah dan ibuku. Dalam hal ini aku hanya berhasil separuh. Ibu lebih menyukaiku ketimbang Esau. Karena aku lebih halus dan tampan. Selain itu aku lebih banyak menghabiskan waktuku bersama ibu di rumah. Aku sering membantunya masak. Tentu akibatnya aku disayang ibu dan pandai memasak. Tetapi ayahku lebih menyukai Esau. Esau sering berburu bersama ayah. Sementara itu, dari pada berburu, aku lebih suka memilih tinggal di rumah bersama ibu.

    Pada suatu hari, Esau pulang dari berburu dengan lesu dan lapar. Dia tidak memperoleh binatang buruannya. Maka Esau pun minta agar dikasih makan. Aku yang saat itu memasak kacang merah, mau memberikan makanan kepada Esau kalau dia mau memenuhi syaratnya. Apa syaratnya? Syaratnya mudah, yaitu agar Esau mau menyerahkan hak kesulungannya kepadaku. Tanpa berpikir panjang, Esau pun menerima syarat itu. Peduli amat dengan kesulungan, sebab saat ini yang terpenting adalah bisa mendapat makanan. Akhirnya, Esau mengaku bahwa akulah anak yang sulung. Hanya saja, pengakuan itu belum diketahui oleh ayahku. Ayah tetap mengakui kenyataannya Esau adalah anaknya yang sulung.

    Setelah ayah lanjut usia, ia mengalami gangguan penglihatan. Ayah mengatakan kepada Esau bahwa sudah saatnya ia menyerahkan warisan berharga kepadanya. Untuk penyerahan warisan berharga itu, ayah menyuruh Esau berburu dan menghidangkan masakan hasil buruannya itu kepada ayah. Maka Esau pun segera berangkat berburu. Aku marah karena Esau tidak mau mengatakan kepada ayah kalau aku yang sulung dan Esau telah menyerahkan hak kesulungannya kepadaku. Seharusnya aku yang lebih berhak mendapatkan warisan berharga itu.

    Ibu tahu apa yang harus aku lakukan agar mendapatkan warisan berharga itu. Maka aku dibantu ibu menyembelih kambing dan memasaknya untuk ayah. Sehingga sebelum Esau pulang aku sudah menghadap ayah dan minta diberkati dengan warisan berharga milik ayahku, Walaupun dengan agak ragu=ragu, akhirnya ayah tetap memberikan berkat kepadaku dan menyangka kalau aku adalah Esau anak kesayangannya.

    Ternyata akhirnya aku berhasil. Berhasil menjadi anak yang sulung dan berhasil mendapatkan hak waris anak yang sulung. Dari pada berkelahi dengan Esau berebut warisan, lebih baik aku kabur meninggalkan rumah. ……

    (Usaha membuat takdir sendiri)

    Posted by Surahmat Hadi | 26/09/2012, 11:24
  2. AKU ADALAH AKU

    Kalau kupikir-pikir terasa aneh dalam hatiku. Betapa tidak, aku ini anak budak Ibrani tetapi diangkat jadi anak Firaun, raja Mesir. Menurut ibuku, pada waktu itu anak-anak orang Ibrani yang lahir laki-laki harus dibunuh. Begitulah titah Firaun Raja Mesir. Sebab Firaun tidak mau terjadi pemberontakan bangsa Ibrani melawan bangsa Mesir. Para budak Ibrani harus dibuat takut dengan cara ditekan dengan pekerjaan yang berat-berat dan pertumbuhan jumlah laki-laki harus dikendalikan.
    Ketika aku masih bayi, orang tuaku sangat cemas memikirkan bagaimana caranya menyelamatkan aku dari ancaman pembunuhan oleh para tentara Mesir, suruhan Firaun. Maka orang tuaku pun berusaha menyembunyikan aku. Secara sengaja ayahku menaruh aku dalam sebuah kotak dan kotak yang berisi aku itu ditaruh di pinggiran sungai Nil, dekat dengan tempat para putri Firaun mandi. Kakakku, Maria, disuruh mengawasi aku dari kejauhan.

    Sungguh beruntung nasibku. Puteri Firaun kasihan padaku dan mengangkat aku menjadi anak angkatnya. Aku diberikan kepada ibuku untuk disusui dan diasuh untuk puteri Firaun. Setelah aku sudah agak besar, aku diserahkan oleh orang tuaku ke istana dan tinggal di istana sebagai anak angkat raja Firaun. Puteri Firaun menerimaku dan memberiku nama “Musa”.

    Setelah aku dewasa, aku tetap ingat dan sadar siapa diriku sebenarnya. Aku adalah anak budak bangsa Ibrani yang tinggal di istana Firaun. Kemewahan istana tidak membuat aku melupakan nasib bangsaku yang menderita ditekan dan diperlakukan tidak manusiawi. Suatu hari, aku marah besar ketika melihat orang Mesir dengan semena-mena memukuli orang Ibrani. Karena itu, aku pun membelanya. Kupukuli orang Mesir tersebut hingga mati. Dengan cemas , kukubur mayat orang Mesir itu dalam timbunan pasir.

    Kupikir dengan kejadian itu, akan banyak orang Ibrani, saudara-saudaraku sebangsa yang simpati dengan aku. Atau mengakui kepemimpinanku. Atau paling tidak mereka tahu bahwa aku peduli dengan nasib bangsa Ibrani, bangsaku sendiri. Sebab tidak seharusnya bangsaku mengalami nasib sebagai budak terus menerus. Suatu saat nanti, bagaimana caranya aku tidak tahu, bangsaku harus bisa merdeka, bebas dari perbudakan. Aku tahu, bahwa yang harus aku perjuangkan dalam hidupku adalah pembebasan bangsa Ibrani dari perbudakan bangsa Mesir.

    Agar bisa merdeka, bangsaku harus bersatu. Mereka harus satu tujuan yaitu merdeka. Untuk mempersatukan mereka, dibutuhkan pemimpin. Tapi siapa gerangan pemimpin bangsa budak ini? Siapa yang mau tampil menjadi pemimpin pemberontak? Aku harus mencari tahu. Dan kalau kutemukan ada pemimpin di kalangan bangsa Ibrani, maka aku akan bergabung dengan pemimpin itu dan sebisaku aku akan membantunya.

    Pada suatu hari, ketika aku sedang cari-cari informasi mengenai pemimpin bangsa Ibrani, aku melihat ada 2 orang Ibrani yang berkelahi. Mereka saling pukul dan bisa jadi akan saling bunuh di antara saudara sendiri. Ini tidak boleh dibiarkan. Aku segera turun tangan. Kupisahkan mereka dan kusuruh mereka agar berdamai. Tapi sungguh di luar dugaan, mereka berdua justru bersatu menentang sikapku. “Siapa yang mengangkat kamu menjadi pemimpin? Apa kamu hakim atas perkara kami? Atau kamu mau membunuh kami seperti orang Mesir kemarin?” Sikap mereka yang menolak campur tanganku sungguh melukai hatiku. Menanggapi kejadian itu perasaanku menjadi tidak menentu. Aku marah, kecewa dan takut

    Setelah ku pikir-pikir sebaiknya memang aku harus pergi. Kalau mereka menolakku, tentu mereka akan mengadukan perkara pembunuhan itu kepada Firaun. Dan kalau Firaun tahu bahwa aku telah membunuh orang Mesir, maka aku akan ditangkap dan dihukum mati. Biar aku kabur saja. Kemana? Kemana saja asal aman dari ancaman Firaun.

    Aku lari ke padang gurun. Dalam pelarianku itu aku menemukan sebuah daerah yang dihuni orang, yang letaknya di tengah padang gurun yang luas. Naluriku untuk berpihak kepada yang lemah dan tertindas pun muncul lagi. Aku melihat beberapa anak gadis gembala yang diperlakukan tidak adil oleh para gembala laki-laki. Sehingga gadis-gadis gembala itu kesulitan untuk mendapatkan air , guna memberikan minum domba-dombanya. Maka aku pun turun tangan. Aku bantu para gadis itu menimba air seraya menghalau para gembala yang mengganggu mereka.

    Orang tua gadis-gadis itu memberikan tumpangan kepadaku. Setelah tinggal beberapa hari, aku dinikahkan dengan Zipora anak gadisnya. Zipora isteriku membuat aku bisa melupakan kesusahanku untuk sementara waktu. Apa lagi setelah ia mengandung dan melahirkan anak bagiku, aku sungguh merasa beruntung. Sekalipun aku jauh dari keluarga dan bangsaku, di sini aku menemukan keluarga baru. Untuk mengenang kesusahanku di negeri asing ini, kuberikan nama Gersom kepada anakku laki-laki yang sulung.

    Setelah beberapa waktu lamanya aku mendengar kabar, kalau Firaun raja Mesir. Ayah angkatku sudah mati. Tentu aku sudah bisa kembali ke Mesir, sebab orang yang mengancam untuk menangkap dan membunuhku sudah tidak ada lagi. Aku sudah bisa aman. Tetapi sepeninggal raja itu dan berganti raja yang baru, apakah nasib bangsaku juga ada perubahan? Menurut informasi yang kudapatkan dari tetanggaku yang berjualan ke Mesir, nasib para budak di Mesir semakin buruk. Raja yang baru tetap meneruskan kebijakan raja sebelumnya. Para budak Ibrani itu membutuhkan pertolongan, tapi siapakah yang sanggup menolongnya?

    Seperti hari-hari biasanya, aku pergi menggembalakan domba milik mertuaku ke padang belantara, agak jauh dari perkampungan. Seperti biasanya pula, aku bergumul memikirkan bagaimana nasib bangsaku. Kalau aku membandingkan bagaimana nasibku dan nasib bangsaku, aku selalu merasa lebih beruntung. Dulu anak laki-laki bangsaku harus mati dilemparkan menjadi santapan buaya dan kuda sungai Nil. Tetapi aku diselamatkan dari bahaya itu, bahkan diangkat dari sungai Nil menjadi anak angkat puteri Firaun. Aku memang lebih beruntung. Sekarang pun aku merasa lebih beruntung, bisa hidup bebas merdeka mengarungi padang gurun yang luas. Tidak ada seorangpun yang menekan dan menindas aku. Aku bebas. Ya, lebih baik bebas di sini dari pada ditindas di Mesir sebagai budak.

    Tetapi benarkah bangsa Ibrani ingin bebas sebagaimana aku pikirkan? Jangan-jangan mereka hanya membutuhkan perubahan sikap orang Mesir. Mereka tetap mau saja jadi budak asal orang-orang Mesir berubah menjadi baik hati dan tidak memperlakukan mereka dengan kasar dan kejam. Bukankah kalau mereka mau bebas, mereka harus meninggalkan tanah Mesir? Menjadi merdeka dan tetap tinggal di Mesir adalah tidak mungkin. Lalu akan kemanakah para budak yang sebegitu banyaknya itu? Aku benar-benar pusing memikirkannya. Tapi anehnya kenapa sudah bertahun-tahun aku tetap memikirkan hal itu? Kenapa aku tidak bisa melepaskan saja pikiran mengenai pembebasan bangsa Ibrani itu?

    Tiba-tiba aku melihat ada api menyala-nyala pada semak-semak di tempat yang tidak jauh dari tempat dudukku. Aneh, api dari mana itu. Kelihatan olehku semak-semak itu tidak terbakar, tidak ada asapnya. Tapi nyala apinya sangat jelas menyerupai nyala api. Apakah gerangan itu? Aku pun mendekat dan mengamatinya dengan cermat.

    Ketika aku mengamat-amati semak belukar yang bernyala-nyala itu, aku pun mendengar suara dari dalam api itu:
    “Musa, Musa! Akulah Allah ayahmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub.Sekarang seruan orang Israel telah sampai kepada-Ku; juga telah Kulihat, betapa kerasnya orang Mesir menindas mereka.
    Jadi sekarang, pergilah, Aku mengutus engkau kepada Firaun untuk membawa umat-Ku, orang Israel, keluar dari Mesir.”

    Mendengar hal itu, aku pun menjawab: “Siapakah aku ini, maka aku yang akan menghadap Firaun dan membawa orang Israel keluar dari Mesir?”
    “AKU ADALAH AKU.” Beginilah kaukatakan kepada orang Israel itu: AKULAH AKU telah mengutus aku kepadamu.”

    Setelah keluar dari Mesir bersama bangsa Israel, akupun mengenal Tuhan berdasarkan pengalaman nyata tersebut. Tuhan berfirman kepada seluruh bangsa Israel demikian:
    “Akulah TUHAN, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari tempat perbudakan”

    (Siapa Tuhanku ada hubungannya dengan apa yang kuperjuangkan dalam hidupku)

    Posted by Surahmat Hadi | 26/09/2012, 11:28

Post a comment

*

Related Post

  • Bersahabat Dengan Sampah | SINODE GKSBS […] untuk bank sampah lihat Artikel 14 Maret
  • Liturgi HPII/HPKD 2016 | SINODE GKSBS […] DOWNLOAD […]
  • dea Syalom , saya dea . Pengumuman seleksi akhir beasi
  • dina widya indraswari syalom saya mau tanya apakah pendaftran beasiswa m
  • dina widya indraswari syalom, mau tanya apakah pendaftaran beasiswa untu
  • njoo mau tanya untuk beasiswa sekolah teologi masih ada
  • Alfrido Shalom, saya mau bertanya. Apakah beasiswa YBO ini
  • Eko Nugroho Doaku ; Semoga Gereja anugerah Tuhan ini tetap sat
  • Febri shalom,maaf saya mau tanya, kenapa formulirnya tid
  • Terbitan Sinode Semester I Tahun 2016 | SINODE GKSBS […] DOWNLOAD […]
  • Janet Jessica Audini Shalom. saya mau nanya, setelah mengisi brosur bea
  • CHRISTIAN SUTRISNO Trim's.
  • Eko Nugroho Sebelumnya, terimakasih atas responnya. Sebenarny
  • Yeru Endies Salam sejahtera... Maaf mau tanya tentang G-AKSI
  • sugianto pelayanan nyata yang luar biasa. selamat berkarya.
  • Swisby Simanjuntak dear Admin, mohon bantuannya mengenai Rancangan
  • Swisby Simanjuntak dear Admin, karena menurut saya, masalah saya i
  • admin mengapa dihapus? menurut saya biarkan saja.toh bis
  • Swisby Simanjuntak dear admin, Mohon untuk bantuan, apakah sudah b
  • admin terimakasih, sudah ada perbaikan
  • Eko Puji Cahyono Hanya memberikan Info, tlong nama Pnt. Edi Sukarno
  • Swisby Simanjuntak Dear Bapak Pdt. Eko, Terima kasih banyak buat s
  • Eko Nugroho Bpk Swisby Simanjuntak yang terkasih, Kami meng
  • Swisby Simanjuntak Dear Bapak Pdt. Eko Nugroho, Terima kasih banya
  • Eko Nugroho Bpk,Swisby Simanjuntak TErimakasih telah berbagi
  • Swisby Simanjuntak Dear Bapak Pdt. Eko Nugroho, S.Si, Mohon bantua
  • Pelangi Cake Halo Pak, sepertinya file yang ada tidak bisa diun
  • Ruly Chesia Purba syalom min, nama saya Ruly Chesia Purba, dari kota
  • Lendius wanimbo gbu
  • rahayu daniel Kepada yang terkasih PDT. SRI YULIANA, M.TH, Se
  • rahayu daniel setelah daniel membaca perjalanan kehidupan keluar
  • admin tunggu saja tahun 2016. ini sudah melewati batas.
  • ruth hutabarat Syalom min. mau nanyak, pengumuman beasiswa ybo ny
  • candra Syalom Dengan hormat perkenalkan nama saya Haris,
  • chatty mintje syaloom... Kami telah mengirimkan format isian un
  • thio syalom.. sya ingin bertanya dimana sya bisa liat
  • harjanto sepertinya persyaratanya sudah disampaikan di bros
  • SHELLY CHATRINE TARIGAN Shalom, Min, apakah akreditasi prodi mempengaru
  • SHELLY CHATRINE TARIGAN Shalom, Min, apakah akreditasi prodi mempengaru
  • VISTA LUSEN syalom,, saya ingin bertanya .. apakah akredita
  • why di sudut-sudut hati semua manusia ada satu harapan
  • ankgoro Om admin, Foto yang pertama apa gak salah pilih?
  • ankgoro Kegiatannya bagus, tapi kenapa hanya UU Desa? Ap
  • Bonik Mandala Syalom .. saya bonik mandala dari Universitas kri
  • vivi ini beneran kan?
  • rita yurdina salam,pak saya mau nxa,beasiswa ne bsa diikuti lul
  • agus Politik Gereja itu seperti apa ya pak?
  • mesak meha rangga syalom bapak/ibu, saya Mesak mahasiswa bahasa Ingg
  • mesak meha rangga apakah masih bisa saya mendaftar beasiswa ini
  • Susi Eka Pakpahan Shalom Ibu/Bapak.. Sya S1 PAK dari STT Paulus Meda
  • asnita panjaitan syalom... Ibu/Bapak... kemaren saya telah mengir
  • Yorita Ari Syalom... Bapak/Ibu apakh syarat beasiswa telah ki
  • cyauni Syalom... saya cyauni dari Medan, saya kuliah di
  • yustus sakan Salom..saya Yustus Sakan asal Soe-NTT, sekarang sa
  • Oktaviani Puspita Sari Syalom, Sya Oktaviai puspita sari, dari lmpung ua
  • fany pangaribuan shalom, maaf mas saya mau tanya saya mahasiswa an
  • Admin Terimakasih bung Ferry. tapi perlu kami informasik
  • Ferry syalom...salam dalam kasih KRISTUS saya sangat be
  • Ferry syalom....saya sudah krim formulir yang dari YBO k
  • Bunga Ria Yuliana Siahaan syalom pak, saya bunga ria yuliana siahaan dari U
  • Yonas Meti, SE Syallom... kapan akan dibuka kembali pendaftaran
  • Marin Toding K Syalom.. Saya dari GT Tiatira Makassar , sekarang
  • media informasi GKSBS kami sudah menerima informasi dari YBO, silahkan d
  • media informasi GKSBS terimakasih. silahkan dipelajari brosurnya. itu la
  • aldeya veronica Maaf ..untuk tahun 2014..saya mohon informasi beas
  • Dwi Safitri Syalom,sy dari GKSBS Gunung Pasir Jaya,sy kuliah d
  • palaguna lumban gao syaloom saya palaguna lumban gaol,mahasiswa yang
  • palaguna lumbangaol syalom,,,salam damai buat kita semua sblomnya say
  • Ine Abrahams Kalau saya di ambon, darimana dapatkan formulirnya
  • Julius Sugarjanto Departemen apakah yang meng-"cover" nila
  • adista wikana syoom admin... info selanjut nya kapan yaaa sete
  • Eko Nugroho Panitia sudah menghubungi beliau secara langsung v
  • Totok Wiryasaputra Kalau boleh memberi informasi secara jujur, memang
  • Harold JD Waas Syaloom, Saya mahasiswa program Pasca Sarjana (S3
  • nico menghadirkan Pdt. Prof.Dr. Mesach Krisetya? apa ga
  • Adi Purwantoro N Syallom, Bp/Ibu, saya mau tanya apakah ada progra
  • Alfred Ruben Gordon Ta'ek Selamat bagi para peserta yang dapat mengikuti wor
  • Work Plan Juli-Sept 2013 & Raker panitia Ad Hoc Tata Gereja | gksbs [...] Download [...]
  • Martin Syallom. Saya martin, sebagai mahasiswa teologi UK
  • admin Mohon maaf, kami tidak memiliki keterangan yang cu
  • Edward syahlom admin, saya mau nanya ni seputar beasisw
  • Terbitan Sinode Semester II tahun 2013 | gksbs [...] Download [...]
  • Martha Hutabarat Syalom , saya sudah mendapat form formulir , smua
  • desi hutabarat syalom. saya kuliah di universitas HKBP Nommensen
  • Niyoga saya sudah mengirimkan form via pos, kira2 kapan p
  • Ni Putu Prayoni Roshita Saya sudah kirim permohonannya, kapan formulirnya
  • Roni untuk perkenalan awal (seperti berkirim surat, pro
  • sopie syalom saya sudah mengirim formulir permohonannya
  • Achonk Wooowww...Hebat GKSBS dah punya pendeta khusus utk
  • samuel Archie Spinoza mantap... selamat ulang tahun sumberhadi
  • admin Buat teman-teman yang sudah memperhatikan informas
  • sita syalom admin apakah yang mengkuti beasiswa ini
  • benni josapat nababan salam sejahterah, bapak/ Ibu, saya ingin bertany
  • eko nugroho Seorang yang bernama, Dalijo, orang desa, ketika m
  • Kristanto Budiprabowo Ini berita yang menyenangkan dan membawa pengharap
  • victor agustian barcelo untuk informasi dari pihak GPIB blum jelas,,,, ap
  • dwi hosanna syalom.. sy sdh mengirimkan formulir permohonan. s
  • Livia Priscila Syalom. pengiriman surat permohonannya melalui ka
  • Admin bisa.. silahkan datang ke kantor sinode.
  • sopiyanna syalom pak saya masih bisa ambil formulirnya gk?
  • admin Untuk formulir permohonan hasil scanning sudah bis
  • Admin Formulir YBO memang langsung dikirimkan ke Sinode-
  • victor agustian barcelo domisili saya skarang d kota padang pak/bu,,, say
  • Admin syalom mas Victor, kalo boleh kami tahu domisili s
  • victor agustian barcelo syalom pak/bu saya mau tanya bagaimana cara menda
  • admin Terimakasih sudah menghubungi. Karena ini adalah p
  • novie syalom.. kalau bukan anggota gksbs darimana menda
  • sugianto luar biasa. refleksi yang sangat cerdas dan jernih
  • citra purba thn 2013 untuk wilayah Pekanbaru udah ada formulir
  • tatok Ini peristiwa besar yang patut disyukuri oleh selu
  • sri yuliana Mengapresiasi kegiatan ini. Sangat baik bagi para
  • Anggoro Yth, MPS GKSBS & Panitia Ad Hock 1. Setelah
  • etha sagala formulir biasanya bulan feb, bu..
  • Piaf Sudah terlaksana dengan baik. pada diskusi kemarin
  • Endro Wiyono, S. Th mohon diterbitkan buku panduan PA untuk Ibu-Ibu ka
  • Totok S. Wiryasaputra Gereja memang bukan lembaga politik dan tidak perl
  • kristiawan heru terima kasih Pak Tatok, nanti kita akan pelajari h
  • tatok Ini ide yang sangat cemerlang. Setelahbicara Polit
  • Rusman Setuju juga dgn pendapat Pak Bambang, tapi lebih s
  • Admin Setahu saya, beasiswa YBO itu yang mengadakan Yaya
  • Totok S. Wiryasaputra 1. Perceraian bukan sesuatu yang kita harapkan. Ge
  • BUNGA RIA Bukan pak, saya dari Pekanbaru pak, o ya pak, say
  • bambang suseto tergantung siapa yang menilai(mungkin belum bagi m
  • bambang suseto Saya bersukur apabila Gereja dengan tegas masih me
  • sri yuliana Poin penting yang perlu dicermati dalam diskusi po
  • bambang suseto Dalam hal ini saya cocok dg Mas Tatok, Pandangan y
  • tatok Semoga dibaca oleh para pelayan dan pemegang kekua
  • tatok Berpolitik adalah menentukan sebuah pilihan. Ketik
  • Prapto Buku-bukunya hanya untuk BPK Gunung Mulia saja ya?
  • Totok S. Wiryasaputra Saya dapat dihubungi melalui email twiryasaputra@y
  • Totok S. Wiryasaputra Perkenankanlah saya ingin memperkenalkan diri. Say
  • Anto Salam Damai Sejahtera bagi Kita semua, Amin. seben
  • Anto salam Damai Sejahtera Bagi kita semua, Saya orang
  • bambang suseto sangat memalukan ( itu yang ada dalam benak saya )
  • Anggoro Pak Kris yth, Salam kenal & salam hormat, say
  • trismartono Mas Anggoro,(yg mana ya?,maaf karena tdk ada perke
  • agus m mantap.................deh...maju terus...........
  • agus m Mak Comblang................wah...senang sekali de
  • Prapto Komitmenya kok seperti Pokok Ajaran ya.. Tidak usa
  • david bersama kita bisa bercerai kawin lagi? tapi opo
  • why iyo yo..... Why................Why..............W
  • Henriette Antara Metro dan Bandar Lampung. Terkadang kami bu
  • Prapto lokasinya dimana itu? dan apakah ini bagian dari p
  • nicorius selayang pandang, saya melihat fenomena yg telah b
  • kristia ' keterebukaan adalah awal dari pemulihan �
  • sugianto lanjutkan. GBU. salam semangat, om gie
  • nina Shalom, Puji Tuhan, Camp Wanita Bijak terlah be
  • alib bagus - bagus. Saya punya niat mau panggil pendeta
  • Prapto Apakah juga difasilitasi tentang macam-macam keker
  • Surahmat Hadi PENJELASAN SINGKAT ALASAN PENAHBISAN SDR.SUGIANTO,
  • Surahmat Hadi II. SEJARAH SINGKAT GKSBS SUMBERHADI GKSBS Sum
  • Prapto Pak... kok justru hasil diskusi panel ga dicantumk
  • Surahmat Hadi AKU ADALAH AKU Kalau kupikir-pikir terasa aneh
  • Surahmat Hadi Cerita Yakub Namaku Yakub. Ayahku yang memberik
  • sugianto semua: makasih telah membaca dan memberi komentar.
  • yunius irwanto ...perjuangan kita adalah mewartakan kasih dan keb
  • Pdt. Kristanto Budiprabowo Memberitakan sebuah perjuangan kasih, penerimaan p
  • kristiawan heru 3 peran fungsi pemimpin yang pak Gie sampaikan men
  • kus aprianto Sebenarnya partikular tidak ada jika tidak ada uni
  • kus aprianto Paragraf terakhir itu sebenarnya yang diubah dari
  • naomi maria saya mengerti dan bisa menerima tulisan ini. hanya
  • sri yuliana ibu Naomi yang baik, Terima kasih atas komentar
  • naomi maria saya memahami tulisan ini. hanya satu yang tidak b
  • Pdt. Kristanto Budiprabowo Ya gampang tha.... Judulnya: Meski tak direstui M
  • Admin Sebentar... saya jelaskan. sampai sejauh ini say
  • Pdt. Kristanto Budiprabowo hehehe.... kok aneh komentarnya? Bisa dijelaska
  • sri yuliana Menanggapi komentar dari Pdt. Kristanto, dan bukan
  • Pdt. Kristanto Budiprabowo Tulisan yang menarik dan perlu direfleksikan oleh
  • Giovany Heny Hehanussa saya Giovany Heny Hehanusssa, mau tanya apakah pen
  • agus meski terlambat diucapkan selamat lah ya bu.......
  • agus saya sebagai yang masih muda dan baru belajar ber
  • trismartono BENARKAH GKSBS DIBANGUN OLEH TUHAN YESUS?? Bapak-
  • Totok TS Salam kasih persaudaraan di dalam Tuhan Yesus Kris
  • Christya Salam persaudaraan. Rekan-rekanku sepelayanan,
  • yunius irwanto slamat atas pengutusan nya bu pdt...kupasan yg men
  • yunius irwanto jika memang sangat diperlukan sepertinya perlu dip
  • Totok TS Sobat-sobatku yang saya cintai, hai semuanya salam
  • admin (catatan admin : saya memindahkan komen dari Pak C
  • Christya Yth. rekan-rekan dalam Rumah Bersama, Sungguh
  • Pdt Erik Berhubung saat ini tidak ada lagi yang mengisi dis
  • Surahmat Hadi Menjelaskan yang dimaksud oleh Pdt.Christyo, menge
  • sri yuliana Nah, sekarang bagaimana dengan nasib Tim TG/Paniti
  • Kristanto Budiprabowo Saudara-saudara para pecinta web GKSBS, Seperti
  • Dermina Naibaho ya...ya....mohon dipertimbangkan
  • Liskha Susandra Pabendan , SE Syalom Pengurus, Apa kabar semua , masih ingat
  • yunius irwanto pak Pdt. Christya, saya pun ketika berada dalam pe
  • wahyu kristiono saya senang membaca komentar komentar di atas...ya
  • Kristanto Budiprabowo sekali lagi trimakasih pak Sekum atas penjelasan y
  • Christya Selamat siang kawan-kawan. Supaya ruangan ini b
  • Anggoro GKSBS rumah bersama bukan rumah pribadi
  • Anggoro Yth MPS, saya adalah jemaat GKSBS yang tidak m
  • Feri Nugroho Salam kasih dalam Kristus, Terkejut saya menerima
  • Kristanto Budiprabowo Mula-mula saya mau no comment aja disini, karena i
  • setyo proses yg puanjang dan melelahkan. salut. semoga d
  • Kristanto Budiprabowo NO COMMENT .......................................
  • SUWAJI 1. TERIMA KASIH ATAS KERJA KERAS TIM AMANDEMEN TAG
  • merri ginting syalom... kalo beasiswa S2 untuk tahun 2012 ini m
  • Bambang setiyono Shalom....bos admin maaf ya saya mau tanya ni,,,be
  • pnt Bambang setiyono ya....smoga gksbs berubah dan BERBUAH
  • admin Anggie, tidak bisa. dan sekarang batas akhir penye
  • Anggie Anggraeny Shalom .. apa beasiswa YBO bisa dibuat untuk si
  • Bambang setiyono Saya sangat senang mengikuti seminar ini,semoga ap
  • admin Terimakasih Bunga Ria. Anda dari Bangka Belitung??
  • BUNGA RIA YULIANA SIAHAAN i want to get you ybo
  • admin Anda bisa download brosur. semua keterangan sudah
  • Kenia saya masih boleh mengirim formulir pendaftarannya?
  • Achonk setiap ada keinginan untuk mencapai suatu keadaan
  • sugianto bagus. dan akan semakin bagus jika kita sudah meng
  • Alfred Pemberian yang diharapkan tidak semata-mata harus
  • priskylla shaloom,, saya sebagai jemaat GBI Sukawarna Bandu
  • admin itu bisa di download langsung kok.
  • JeNi syalom... boleh kirim formulirnya via email tdk?
  • Anggie Anggraeny Shalom .. Formulirnya bisa diambil dimana ya, s
  • elfi syalom pak, formulirnya tidak bisa di download. b
  • admin Siwi, coba saja kirim formulir. nanti kan akan ada
  • Chriscahyani saya mau tanya, apakah bisa yang program studi nya
  • admin Selamat siang Mas Budi, formulir ada di kantor sin
  • Budi Santoso Syalom... nama saya Budi Santoso. Maaf pak mau ta
  • admin Mendengarkan cerita dari mereka berdua seperti men
  • tatok RUMAH BERSAMA "(Aku) Tak punya rumah, namun
  • admin Siapa tuh???
  • tatok bisakah dicantumkan photographernya??
  • pdt. tatok trimakasih atas informasi yang menarik mengenai pe
  • bambang sumanto Kiranya harus dipikirkan bersama tentang pergumula
  • kristanto budiprabowo Malam ini muncul ide baru bahwa perlu dipikirkan m
  • teci triangka m Syalom...... Salam sejahtera dlm Kasih Kristus...
  • sugianto ide yang bagus, yang bisa menginspirasi agar kita
  • sugianto laporan yang sangat baik. sangat baik jika para pi
  • pendeta tatok terimakasih atas tulisan yang sangat evaluatif, kr
  • tatok laporan perjalanan yang sangat menyenangkan. Aku j
  • admin Betul Pak Tatok.... aku seneng dengan istilah &quo
  • tatok Senang mendengar teman-teman bisa mengikuti traini
  • Agus Miswanto maksih banget tulisannya dapat menjadi wacana dan
  • Fajar Wah tulisannya bagus penuh inspirasi.. (GKSBS Jamb
  • Ruswanto Bagus tulisan Saudara kiranya dapat meng-inspirasi
  • Ruswanto Bagus tulisannya kiranya meng-inspirasi Jemaat se
  • pdt. tatok trimakasih atas tulisan yang sangat kontekstual de
  • budi gimana kalau ada pemimpin yang udelnya "bodon
  • pdt. tatok sebuah faith-based organisation di era globalisasi
  • sugianto ada juga pemimpin yang tidak punya udel. jadi dia
  • Pnt Alib sip..tapi juga perlu gksbs renungkan bahwa pendeta
  • pdt. tatok sebuah pemikiran yang sangat menarik hasil dari se
  • pdt. tatok Selamat untuk semua kawan yang sedang melaksanakan
  • admin Sdr. Susi yang baik menikmati video di internet me
  • susi shalom.Sy susi dr GKSBS bengkulu (GKSBS Kurotidur)
  • tak ada nama tak ada rupa terima kasih sudah di up load di GKSBS.ORg. Mudaha
  • Alfred Terima kasih kepada MPS GKSBS melalui Staff Kantor
  • Solichin Daniel Sampai saat ini saya masih dan tetap berstatus pen