Appreciative Inquiry

Eksplorasi, Imajinasi, Merancang, dan Melangkah Ke Depan

Silahkan dibagikanShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Email this to someone
email
Print this page
Print

Ada dua pendekatan dalam mengelola perubahan: (1) problem solving approach yang menekankan bahwa perubahan hanya dilakukan apabila ada masalah yang mengancam kelangsungan hidup atau menghambat aktualisasi diri. (2) developmental approach yang menekankan bahwa setiap individu perlu berkembang terus menerus walaupun tidak ada ancaman……. (Transformational Learning Institute)

Salah satu contoh developmental approach adalah appreciative inquiry, yaitu sebuah pendekatan yang menawarkan proses untuk secara positif mengeksplorasi, secara kolektif berimajinasi, merancang, dan melangkah ke masa depan. AI dimulai dengan melihat kekuatan sumber daya yang dimiliki, dan memanfaatkan kekuatan tersebut untuk mencapai masa depan yang lebih baik.

Langkah-Langkah Appreciative Inquiry

  1. DISCOVERY. Tahap dicovery adalah tahap pencarian untuk menemukan yang terbaik dari apa yang telah terjadi atau dikerjakan. Tahap ini dimulai dengan penyusunan pertanyaan bagi wawancara AI dan menyusun panduan wawancara AI. Pertanyaan-pertanyaan AI ditulis sebagai penelaahan afirmatif ke dalam inti positif organisasi. Contoh pertanyaan yang dapat dipakai dalam tahap discovery adalah: Kapan saya merasa paling bangga dengan diri saya sendiri? Apa yang terjadi? Bagaimana situasinya? Siapa yang terlibat? Apa yang saya anggap paling bernilai dalam diri saya? Apa yang membuat saya tetap bersikap positif, bersemangat dan terinspirasi? Tiga hal positif apa yang saya harapkan akan terjadi dalam kehidupan saya?
  2. DREAM, Tahap dream adalah sebuah eksplorasi yang memberi kekuatan mengenai “apa yang mungkin”. Tujuan dari tahap dream ini adalah untuk mengidentifikasi dan menyebarkan gambaran-gambaran yang bersifat generatif, afirmatif, dan memberikan pengharapan di masa depan. Pada tahap dream individu berusaha menyusunan visi pribadi. Contoh pertanyaan yang dapat dipakai dalam tahap dream adalah: Bagimanakah gambaran kehidupan saya empat tahun yang akan datang? Bagaimana orang-orang akan tertarik untuk bekerja sama dengan saya? Mengapa orang-orang senang menjadi bagian dari usaha saya? Tiga kata apa yang dapat menggambarkan kehidupan saya empat tahun yang akan datang? Mengapa saya memilih tiga kata tersebut?
  3. DESIGN, Tahap design melibatkan penentuan pilihan mengenai “apa yang seharusnya”. Tahap ini adalah tahap di mana terjadi penciptaan kembali atau transfomasi yang dilakukan secara sadar. Contoh pertanyaan yang dapat dipakai dalam tahap design adalah: Posisi/Karir apa yang paling tepat memaksimalkan hal-hal yang positif di dalam diri saya dan mempercepat tercapainya impian saya? Dengan siapa saja saya perlu membangun jaringan? Sumber daya apa saja yang diperlukan untuk mencapai impian saya? Dari mana saya dapat memperoleh sumber daya yang saya perlukan?
  4. DELIVERY/DESTINY, Tahap delivery/destiny memulai serangkaian tindakan yang mendukung terjadinya perubahan ke arah yang diimpikan. Contoh pertanyaan yang dapat dipakai dalam tahap design adalah: Tindakan-tindakan apa saja yang diperlukan guna mencapai apa yang saya impikan? Bagaimana saya dapat tetap bersemangat melakukan apa yang diperlukan?

 Ada beberapa sumber tulisan tentang Perubahan Positive. Diantaranya adalah BUKIK.COM

Silahkan dibagikanShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Email this to someone
email
Print this page
Print

Discussion

No comments yet.

Post a comment