Peningkatan Kesejahteraan

Katak Tuli Itu BERHASIL

Silahkan dibagikanShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Email this to someone
email
Print this page
Print

 

Banyak katak mengikuti perlombaan. Mereka punya tujuan yang sama: mencapai pucak menara. Tetapi tidak semua percaya mereka mampu. Ada komen-komen dari para penonton: ‘Dirimu tidak mampu. Kamu terlalu kecil’. Akhirnya hanya satu katak kecil berhasil. Katak kecil yang tuli.

Appreciative Inquiry dan Asset Based Community Development (AI-ABCD). Itulah tema selama lokakarya diadakan pada tanggal 9-11 Oktober di Centrum. Dengan sekitar 30 peserta kami mulai bermimpi bersama-sama dan melihat asset dan kemampuan yang sudah ada dalam komunitas masing-masing. peserta yang semangat karena partisipasi yang tinggi. Ada ruang untuk berdiskusi dan belajar. Lokakarya ini penuh dengan interaksi: para fasilitator mengajak peserta untuk bermain, bekerja sama, menemukan asset, memetakan komunitas dan lain-lain.

Peserta juga diajak untuk mencari dan menemukan asset mereka, yang pribadi dan yang dari komunitas. Yang pribadi ditemukan dengan 4H: Hand, Heart, Head dan Human. Dengan melihat keterampilan (hand), hati (heart), kepala (head) dan hubungan-hubungan dalam masyarakat (human) ternyata setiap orang punya kemampuan dan potensi. Asset dari komunitas ditemukan dengan memetakan komunitasnya: mengumpulkan kekuatan yang sudah ada dan membuat jembatan antara kekuatan-kekuatan ini. Dari ‘discovery’ ini, peserta menemukan potensi-potensi yang ada dan kemudian sebuah ‘dream’ bisa dibuat.

Departemen Peningkatan Kesejahteraan GKSBS memiliki program berkesinambungan. Lokakarya AI/ABCD ini sebagai awal untuk menyiapkan aktivist-aktivist perubahan di jemaat dan komunitas masing-masing. Masih banyak program yang akan diselelnggarakan, yang sangat diharapkan juga tetap diikuti oleh ke-30 peserta ini dalam setiap kegiatan departemen Peningkatan Kesejahteraan supaya tidak terputus satu kegiatan dengan kegiatan yang lain.

 

Silahkan dibagikanShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Email this to someone
email
Print this page
Print

Discussion

No comments yet.

Post a comment