Identitas dan Pluralitas

MERDEKA…!!! (bahan kotbah HUT-RI ke-69)

Silahkan dibagikanShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Email this to someone
email
Print this page
Print
hut_ri_68____touch_the_sky_by_linka08-d6ie7x2

image from google search

Jemaat yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus, Merdeka! Merdeka! Merdeka! Hari ini kita merayakan HUT ke-69 Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selama 69 tahun ini kita sudah mengisi kemerdekaan ini dengan banyak hal. Baik itu yang kita lakukan secara pribadi sebagai anggota jemaat dan anggota masyarakat, maupun secara bersama-sama. Ada baiknya kalau hari ini kita kembali menggumuli keberadaan kita sebagai orang merdeka supaya kita dapat menemukan hal-hal apa lagi yang bisa kita lakukan untuk mengisi kemerdekaan ini.

Siapakah orang yang sudah merdeka? Paling tidak ada tiga hal yang dinyatakan oleh surat Galatia ini tentang orang merdeka. Yaitu:

  1. Orang merdeka adalah orang yang sudah dimerdekakan oleh Kristus (ayat. 1) sehingga kita sudah terbebas dari dosa dan hukuman akibat dosa. Kristus yagn tidak berdosa telah menyerahkan dirinya menanggung hukuman yang seharusnya kita tanggung. Sehingga melalui karyaNya, kita dimerdekakan. Mari kita sadari bahwa Orang Kristen dipanggil untuk merdeka. Karya kematian dan kebangkitan Kristus, telah memerdekaan setiap orang percaya dari perbudakan dosa. Setiap orang yang percaya dan menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan juru selamat pribadinya, telah dimerdekakan dari hukuman akibat dosa-dosanya. Baik dosa-dosa yang diwariskan oleh Adam dan Hawa sebagai nenek moyang manusia, maupun dosa-dosa yang diperbuatnya. Sehingga keberadaannya menjadi baru. “Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang [II Korintus 5:17].
  2. …. (silahkan download Khotbah HUT RI ke 69)

 

 

Silahkan dibagikanShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Email this to someone
email
Print this page
Print

Discussion

No comments yet.

Post a comment