Refleksi

PENGHARAPAN AKAN PEMBEBASAN – Adven I

Silahkan dibagikanShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Email this to someone
email
Print this page
Print

Baru saja kita meninggalkan akhir tahun gereja dan minggu ini kita akan memasuki tahun baru gereja atau lebih dikenal dengan istilah Minggu Advent. Minggu Advent ini akan kita jalani selama empat minggu. Tapi apa sih Advent itu ?

Advent yang berasal dari bahasa Latin, Adventus, secara harfiah memiliki arti sebagai sebuah kedatangan. Minggu Advent adalah permulaan Minggu dalam penanggalan tahun Gerejawi yang dirayakan selama empat Minggu sebelum hari Natal. Biasanya dimulai pada Minggu yang paling dekat pada tanggal 29 atau 30 Nopember, dan diakhiri pada minggu ke empat sebelum malam kelahiran Yesus (Malam Natal).

Adven juga merupakan awal Tahun Baru Gerejawi. Itu berarti, Adven merupakan awal perjalanan orang percaya dari hari ke hari bersama Tuhan. Awal tahun baru dimulai dengan penantian kedatangan Kristus kedua kalinya. Orang percaya mempersiapkan diri secara rohani dan mengusahakan pengudusan diri karena pengampunan Kristus.

Ada beberapa tema yang menjadi penekanan untuk masing-masing Minggu Advent, seperti:

  • Minggu Advent Pertama: Keselamatan sudah dekat. Sebuah ungkapan kerinduan untuk kelepasan dari ketertindasan.
  • Minggu Advent Kedua: Pengharapan akan kedatangan Yesus keduakali. Ajakan untuk selalu berjaga-jaga.
  • Minggu Advent Ketiga: Seruan Pengakuan Dosa dan Pertobatan. Ajakan untuk melakukan pertobatan.
  • Minggu Advent Keempat: Seruan untuk Bersukacita sebab Tuhan sudah Dekat

Nah, jika kita perhatikan penekanan pada Minggu Advent Pertama, maka kita diingatkan kembali bahwa keselamatan udah dekat. Ini merupakan berita sukacita bagi umat manusia yang merindukan pengharapan dan pembebasan dari segala bentuk penindasan, seperti : kemiskinan, ketidakadilan, radikalisme dan kerusakan lingkungan. Melalui Minggu Advent pertama ini, kita diajak untuk merenung bahwa pengharapan akan pembebasan itu tidak datang tiba-tiba, melainkan dari sebuah perjuangan.

Tuhan Yesus menunjukkan kepada kita bahwa Ia memiliki misi pembebasan saat datang ke dunia ini, Seperti yang dikatakan-Nya dalam nats Alkitab yang kita baca: “Aku datang untuk melakukan kehendak-Mu”. Misi itu, Ia jalani dengan sungguh-sungguh sebagai wujud cinta kasih Allah kepada umat-Nya.

 

Dibawakan oleh Pdt. Sri Yuliana pada ISTANA (Inspirasi Totalnya Natal), program Radio Pelita Kasih bekerjasama dengan PGI.

Silahkan dibagikanShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Email this to someone
email
Print this page
Print

Discussion

No comments yet.

Post a comment