Keadilan Agraria

PERNYATAAN SIKAP PASTORAL GKSBS TERHADAP KETIDAKADILAN AGRARIA

  1. Gereja Kristen Sumatera Bagian Selatan (GKSBS) meyakini bahwa tanah adalah anugerah Tuhan untuk kehidupan bersama segenap ciptaan. Tanah bukan sekedar bentang ruang dimana manusia tinggal, hidup dan membangun kehidupannya bersama dengan yang lain. Tanah tidak pernah terpisahkan dengan sejarah manusia. Manusia dipanggil untuk memelihara dan mengelola tanah anugerah Tuhan untuk keberlanjutan kehidupan
  2. GKSBS memahami bahwa Tanah merupakan sumber kehidupan bagi manusia. Tanpa tanah manusia kehilangan kehidupannya. Tanpa tanah manusia akan hidup dalam keterasingan. Tanpa tanah manusia akan kehilangan identitas.
  3. GKSBS meyakini bahwa tanah adalah untuk kehidupan bersama. Tanah bukan alat untuk memenuhi keserakahan-keserakahan segelintir manusia. Tanah bukan alat untuk menumpuk keuntungan segelintir manusia. Setiap manusia punya hak akses terhadap tanah sebagai sumber kehidupan, anugerah Tuhan. GKSBS memahami bahwa para petani sering diperlukan tidak adil di negeri ini.  Banyak petani kehilangan haknya atas tanah. Banyak petani tanah dirampas oleh para penguasa modal. GKSBS berpihak kepada para petani untuk mendapatkan haknya atas tanah.
  4. GKSBS meyakini bahwa ketidakadilan agraria merupakan bagian penting dari tanggungjawab iman gereja. Tugas panggilan gereja (GKSBS) di Sumatera Bagian Selatan adalah untuk mewujudkan Sumbagsel yang bermartabat melalui perjuangan mewujudkan keadilan agaria. Dalam perjuanganya untuk agraria yang berkeadilan, GKSBS tidak membangun jejaring dengan korporasi maupun kelompok politik tertentu.
  5. Sebagai tanggungjawab iman gereja, GKSBS menyatakan sikap sebagai berikut :
    • Mengecam dengan keras penggunaan kekerasan terhadap penyelesaian konflik agraria.
    • Mendukung upaya penyelesaian konflik dengan didasarkan pada semangat dialog dan anti kekerasan.
    • Menuntut pihak-pihak terkait dalam penangkapan dan penahanan untuk membebaskan para aktivis dan pejuang keadilan agraria yang ditahan pihak keamanan.
    • Mendesak Pemerintah untuk menyelesaikan konflik agraria dengan prinsip keadilan yang berpihak kepada petani.

 

Metro, 18 Oktober 2016

Majelis Pimpinan Sinode GKSBS

ttd

Pdt. AT. Hariyanto, M.Div

Sekretaris

SILAHKAN UNDUH

pernyataan-sikap-gksbs-terhadap-ketidakadilan-agraria

Discussion

No comments yet.

Post a comment