Kabar PGI

Bulan OIKUMENE PGI : Berbahagialah Orang Yang Membawa Damai

Silahkan dibagikanShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Email this to someone
email
Print this page
Print


Liturgi Bulan OIKUMENE PGI ini adalah Liturgi dari GKI Tanah Papua. Digunakan pada Ibadah Minggu ke IV bulan Mei 2019.

Tata Ibadah dari GKI di Tanah Papua bisa diunduh melalui link di bagian bawah

Akhir-akhir ini, kita berada pada situasi yang cenderung menguatkan politik identitas di tengah masyarakat. Semua aspek kehidupan ini seakan melulu ditarik pada semangat kontestasi politik.

Menjadi harapan kita bersama bahwa keadaan seperti ini juga akan mereda setelah pesta demokrasi selesai digelar. Jikapun toh proses ini membutuhkan waktu maka gereja dan pengikut Kristus mampu untuk menjadi pelaku perdamaian.

Seperti banyak disebutkan orang bahwa masa sekarang adalah masa post truth dimana manusia memiliki kecenderungan untuk menggapai damainya sendiri, damai bagi kelompoknya sendiri, dan kecenderungan untuk mengukuhkan kebenaran pribadi dan kelompoknya tersebut untuk dipaksakan juga menjadi kebenara kepada pihak lain. Padahal damai sejati itu melibatkan berbagai pihak, relasi timbal balik yang menghormati kebersamaan dalam perbedaan.

Bulan OIKUMENE PGI untuk tahun 2019 ini mengambil tema “BERBAHAGIALAH ORANG YANG MEMBAWA DAMAI” (bandingkan Matius 5:9a). Kalimat pada kotbah Yesus di atas bukit ini menjadi panggilan Yesus kepada gereja untuk menjadi agen perdamaian yang sejati, yang membangun jembatan di tengah-tengah polarisasai berbagai kepentingan yang memecah.

Silahkan dibagikanShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Email this to someone
email
Print this page
Print

Discussion

No comments yet.

Post a comment