Bidang Penelitian dan Pengembangan

Litbang adalah kegiatan penelitian dan pengembangan untuk keperluan peningkatan kapasitas lembaga. Litbang GKSBS sebaiknya dibentuk oleh MPS sebagai badan pembantu tetap (Komisi Litbang).  Litbang memiliki fungsi untuk meneliti dan mengembangkan semua sumber daya dan fasilitas yang dimiki oleh GKSBS. Dengan fungsi tersebut Litbang memegang peranan penting dan menjadi indikator bagi kemajuan GKSBS. Litbang GKSBS menjadi tumpuan bagi terciptanya akselerasi pertumbuhan gereja. Aktivitas litbang sebaiknya dilakukan secara khusus sebagai supporting data dan system. Sebagai suporting data dan system litbang dituntut dapt berkontribusi maksimal. Aktivitas litbang berorientasi pada masa depan sesuai dengan renstra yang ditetapkan olekh MMS.

Metode yang dipakai oleh Litbang berupa riset untuk mendapatkan prakiraan hasil yang hendak dicapai. Hasil tersebut berupa rekomendasi-rekomendasi yang disampaikan kepada MPS untuk kemudian dapat dikembangkan oleh penangungjawab program. 

Tugas Litbang adalah melaksanakan penelitian dan pengembangan dalam rangka suporting data dan system di GKSBS. Untuk itu Litbang diberi wewenang:

  1. Melaksanakan pengkajian dan memberikan rekomendasi serta ide-ide baru kepada MPS untuk ditindaklanjuti atau direalisasikan oleh penanggungjawab program dalam jangka pendek dan jangka panjang.
  2. Monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan penelitian dan pengembangan.
  3. Koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan program- program Sinode – Klasis – dan jemaat serta yayasan untuk membantu terjaganya sinergisitas Visi dan Misi GKSBS yang telah ditetapkan dalam MMS.

Tujuan Strategis Bidang Litbang:

  1. Program-program sinode tertata
  2. Berkembangnya program-program yang kontekstual dan terbarukan.
Outcome Bidang Penelitian dan Pengembangan
1GKSBS memiliki data yang valid dengan dukungan ITE yang memadai.
2Kelembagaan  dan struktur GKSBS update sesuai konteks panggilannya.
3GKSBS mandiri teologi dengan berkembangnya pemikiran teologis hasil berbagai refleksi.
4Narasi hasil monev dari berbagai bidang program teranalisis dan terdokumen dengan baik.
  
Silahkan dibagikanShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Email this to someone
email
Print this page
Print