MERAYAKAN KARYA PENYELAMATAN KRISTUS YESUS

Salam Damai Kristus. Semoga kita semua ada dalam keadaan sehat.

Segala puji dan syukur marilah kita panjatkan kepada Tuhan atas setiap berkat yang telah Ia limpahkan dalam kehidupan kita. Dan oleh karena rahmatnya, kita bisa kembali lagi memasuki Masa Perayaan Paska dan Pentakosta (MPPP) di tahun 2021 dengan Tema “MERAYAKAN KARYA PENYELAMATAN KRISTUS YESUS”. Dalam kehidupan Kristen,  refleksi menjadi hal yang sangat penting dan berharga, karena melalui refleksi atau pemaknaan terhadap hidup, itu dapat membawa kita dalam sikap hidup sehari-hari yang benar-benar menjadi citra Kristus.

Keadaan yang kita alami saat ini tentu tidak kita duga, dan dan jarang terjadi, Karena itu pemaknaan terhadap situasi saat ini menjadi penting dan tentu tidak dapat kita lewatkan begitu saja karena di dalamnya terdapat harta spiritual yang tentu saja jika direfleksikan akan membawa kita kepada pengenalan akan Allah yang lebih intim. Berdasarkan pemahaman ini, maka dalam MPPP ini, Para penulis dan tim spiritual berusaha untuk menggali teks-teks Alkitab dalam rangka mempertemukannya dengan situasi pandemi. Upaya ini tentu tidak mudah, karena itu MPS mengapresiasi karya-karya yang diterbitkan dalam MPPP ini sekaligus mengucapkan terima kasih atas upayanya.

“Dalam kehidupan Kristen,  refleksi menjadi hal yang sangat penting dan berharga, karena melalui refleksi atau pemaknaan terhadap hidup, itu dapat membawa kita dalam sikap hidup sehari-hari yang benar-benar menjadi citra Kristus”

Panduan Masa Perayaan Paskah dan Pentakosta GKSBS tahun 2021 ini berisi beberapa kegiatan sebagai berikut:

  1. Bahan khotbah untuk digunakan ibadah minggu maupun ibadah hari raya.  Bahan khotbah sengaja disajikan dalam bentuk khotbah jadi, namun demikian sangat diharapkan setiap pengkhotbah dapat melengkapinya dengan contoh-contoh dan penerapan serta menyesuaikan khotbah ini dengan situasi dan kondisi serta kebutuhan masing-masing jemaat. Sangat baik jika di jemaat ada persiapan bersama sebelum berkotbah.
  2. Bahan Sarasehan Paska dan Bahan Sarasehan Pentakosta. Diharapkan bahan sarasehan Paska bisa digunakan dalam minggu pertama MPPP, sedangkan bahan sarasehan Pentakosta digunakan untuk minggu terakhir MPPP.
  3. Bahan Renungan keluarga/kelompok.  Bahan ini bisa digunakan untuk renungan di masing-masing keluarga atau bagi yang tidak terbiasa melakukan renungan keluarga, bisa dilakukan dalam kelompok atau blok, bisa juga dilaksanakan dalam acara Persekutuan doa.
  4. Bahan Pemahaman Alkitab.  Bahan ini dapat digunakan untuk PA kategorial (Pemuda, Remaja, Ibu, Bapak], bisa juga digunakan untuk PA kelompok/blok.  Silahkan disesuaikan dengan situasi kondisi masing-masing jemaat. Pertanyaan-pertanyaan disertakan untuk didiskusikan dalam kelompok tersebut. Lagu-lagu untuk PA dapat dipilih sendiri sesuai konteks masing-masing.
  5. Panduan Aktivitas MPPP, yang pelaksanaannya diharapkan dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi masing-masing jemaat. aktivitas ini bisa ditambahkan atau dikurangi. Di dalam panduan aktivitas tersebut, salah satunya berisi tentang Aksi Puasa Paska (APP).  Konsep puasa Paska masih sama dengan panduan tahun-tahun sebelumnya.  Amplop Aksi Puasa Paska dibagikan kepada jemaat dalam ibadah pembukaan (Ibadah Rabu Abu 17 Februari 2021) dan dikumpulkan pada Ibadah Paska (tanggal 4 April 2021) Teknisnya amplop aksi puasa dibagikan oleh Majelis gereja pada Rabu Abu dan dikumpulkan pada kebaktian Minggu Paska (perayaan kebangkitan Tuhan).  Hasil Amplop Paska 10 % dikirimkan ke sinode GKSBS untuk mendukung kegiatan pelayanan sinode GKSBS digabung dengan 10 % persembahan yang lain.

Adapun jadwal kegiatan MPPP adalah sebagai berikut:

  1. Pembukaan dilakukan pada ibadah Rabu Abu, tanggal 17 Februari 2011 dengan menggunakan bahan khotbah pembukaan. Pada ibadah pembukaan dibagikan amplop Aksi Puasa Paska (APP).
  2. Sarasehan Paska dilaksanakan pada minggu-minggu awal MPPP sedangkan saresehan Pentakosta dilakukan diakhir kegiatan MPPP 2021 dengan jadwal ditetapkan dan disesuaikan oleh jemaat masing-masing.
  3. Renungan dilaksanakan satu minggu sekali bisa dalam keluarga, persekutuan doa atau dalam kelompok/blok. 
  4. Ibadah Kamis Suci atau Kamis Putih diselenggarakan tanggal 1 April 2021 telah dipersiapkan Liturgi dan Panduan.
  5. Ibadah Jumat Agung dilaksanakan tanggal 2 April 2021 pada ibadah ini jika situasi memungkinkan  sebaiknya dilayankan Perjamuan Kudus.
  6. Ibadah Sabtu sunyi tanggal 3 April 2021 telah disiapkan tata liturgi dan panduan.
  7. Ibadah Paska dilaksanakan tanggal 4 April 2021. Pada ibadah ini juga dikumpulkan persembahan Aksi Puasa Paska (APP).
  8. Hari Raya Kenaikan Tuhan Yesus Ke Sorga dilaksanakan tanggal 13 Mei 2021.
  9. Sarasehan Pentakosta dilaksanakan disesuaikan dengan jemaat dan telah disiapkan panduan.
  10. Hari Raya Pentakosta, sekaligus penutupan MPPP 2021 dilasanakan pada tanggal 23 Mei 2021.  Pada ibadah ini juga bisa dilakukan pengumpulan persembahan unduh-unduh.  Untuk itu sebaiknya diberitakan terlebih dahulu kepada seluruh anggota jemaat, supaya semua jemaat terlibat.

Semoga melalui Masa Perayaan Paska dan Pentakosta ini, kita dapat memaknai perjalanan kita dalam mengupayakan kemandirian spiritual dan juga keterbukaan kita terhadap situasi. Akhirnya terima kasih atas dukungan semua pihak, kiranya panduan ini menjadi berkat bagi kita sekalian.  Selamat merayakan Paska dan Pentakosta 2021, Tuhan Yesus memberkati.

MPS GKSBS
Pdt. Erik Timoteus Purba, M.Si
Sekretaris

Silahkan dibagikanShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Email this to someone
email
Print this page
Print