Mengubah Beban Menjadi Keterpanggilan

Sila dibagikan

Judul kita kali ini adalah tema Masa Perayaan Paska dan Pentakosta GKSBS tahun 2022.

GKSBS ada hingga saat ini, itu hanya karena Tuhan berkenan. Atas dasar kesadaran itu maka tentu ada begitu banyak “berlian” yang tertanam dalam GKSBS milikNya ini. Menemukan “berlian” menjadi sangat penting bagi kita GKSBS. Hal ini perlu di lakukan bukan dalam rangka tampil beda dengan yang lain, namun sebaliknya ini adalah usaha kita untuk berteologi secara kontekstual. Artinya dengan mencari dan menemukan setiap nilai yang terkandung dalam GKSBS, sesungguhnya itu adalah tindakan syukur karena kita meyakini di GKSBS ada Allah yang sedang berkarya.

Mengambil gambar sampul dari sebuah karya pematung terkenal, Michelangelo, pada tahun 1498 s.d1499 seniman pada masa renaisence ini membuat karya patung La Pieta.

Patung La Pieta menggambarkan adegan Maria Ibu Yesus menggendong Yesus Kristus, sesaat setelah diturunkan dari salib. Yesus yang sudah tak bernyawa dipangku ibunya. Ini adalah momen yang sangat emosional bagi Maria dan siapa pun yang melihatnya. Kata pietà dalam bahasa Italia berarti kasihan (the pity). Ide ungkapan tersebut mengarah pada kesedihan mendalam yang dirasakan Maria karena penderitaan Yesus. Tetapi dibalik penderitaan Yesus, seorang ibu juga pasti sangat menderita kehilangan Putranya dalam sebuah tragedi yang disebut penyaliban.

Harapan atau impian dari rancang bangun bahan terbitan tahun 2022 ini adalah “Menjadi GKSBS.” Menjadi GKSBS tentunya bukan karena kita bukan GKSBS, namun menjadi GKSBS karena kita adalah GKSBS. Dengan demikian Menjadi GKSBS hendaknya dipahami sebagai upaya yang dilakukan oleh GKSBS agar dapat merespon sekelilingnya dengan “gaya” GKSBS. Hal ini menjadi penting dengan dasar bahwa GKSBS ini ada hanya karena kehendak Tuhan. Dengan demikian tentu ada begitu banyak hal baik yang Tuhan sediakan bagi kita untuk menjadi nilai yang dapat kita gunakan dalam rangka menghadapi tantangan dunia, yang mana nilai-nilai tersebut dapat ditemukan akarnya di GKSBS itu sendiri.

Selamat Merayakan Masa Paska dan Pentakosta.