DIAKONIA ALA ORANG YANG NGLARI DAN MANDIRI – BULAN DIAKONIA GKSBS 2022

Sila dibagikan

(RUMAH BERSAMA) – Istilah “nglari” di GKSBS sudah sangat dikenal dengan baik. Proses mencari dan menemukan ini sangat erat kaitannya dengan transmigrasi orang-orang dari tanah Jawa menuju Sumatera Bagian Selatan (SUMBAGSEL). Di antara para transmigran ini tentu saja ada yang dari anggota komunitas Kristen di Jawa saat itu, terutama GKJ.

“Nglari” ini bahkan sudah dapat dipotret dengan baik oleh GKSBS dalam berbagai kesempatan seperti lokakarya, seminar, bahan-bahan terbitan, hingga percakapan-percakapan ringan yang biasa dilakukan, baik antar Pendeta, antar anggota Majelis, antar anggota jemaat dan tentu saja antar berbagai pihak di GKSBS ini. Bahkan “nglari” ini diberi semacam keterangan tambahan yaitu bahwa para transmigran dari tanah Jawa ke SUMBAGSEL ini identik dengan kurang dan wirang.

Kurang karena para transmigran ini mengalami kemiskinan yang disebabkan oleh kurangnya lahan garapan dan sulitnya bersaing terhadap akses sumber daya lain di tanah Jawa. Wirang dapat digambarkan sebagai kurang harmonis para transmigran ini terkait kehidupan sosial mereka di tanah asalnya, biasanya digambarkan punya aib yang harus segera dibuang dari kehidupan mereka.

Dalam BULAN DIAKONIA GKSBS tahun 2022 ini, tim penyusun menentukan waktu pelaksanaan yang sedikit lebih panjang. Jika biasanya BULAN DIAKONIA dimulai pada awal Juli dan berakhir pada akhir Juli, maka kali ini BULAN DIAKONIA diawali pada Minggu, 19 Juni 2022 dan akan berakhir pada 6 Agustus 2022 yang bertepatan dengan HUT GKSBS ke-35.

Tema BULAN DIAKONIA akan didalami dalam SARASEHAN dengan menitikberatkan pada poin-poin :

  • Nglari sebagai wujud kerinduan
  • Kemandirian dalam nglari
  • Pelayanan dalam nglari dan mandiri
  • Merangkul liyan dalam semangat kasih, dan
  • GKSBS dalam perjalanan diakonia

Tim penyusun menyiapkan 3 bagian materi dalam BULAN DIAKONIA ini yaitu Bahan Kotbah, Bahan PA dan Renungan, serta Bahan Kebaktian Anak. Silakan diunduh pada link di bawah ini dan dicetak sesuai kebutuhan masing-masing jemaat. File admin tempatkan di Google drive karena ukuran yang terlalu besar, sehingga nanti unduhan bahan BULAN DIAKONIA akan mengarah di google drive. (admin)