Bulan Diakonia GKSBS 2022

Sila dibagikan

Minggu, 19 Juni 2022 adalah pembukaan Bulan Diakonia GKSBS Tahun 2022. Jika sebelumnya, Bulan Diakonia dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan dari awal Juli hingga akhir Juli, untuk tahun ini Bulan Diakonia dilaksanakan dari 19 Juni sampai dengan 6 Agustus yang juga bertepatan dengan hari jadi GKSBS.

“Diakonia Ala Orang yang Nglari dan Mandiri” adalah tema Bulan Diakonia yang telah dibuat oleh tim materi Bulan Diakonia GKSBS. Tema ini akan neghiasi Sumber Air Hidup (SAH) sebagai panduan kotbah, Panduan Kebaktian Anak (PKA), dan juga Panduan PA dan Renungan. Tim penyusun juga membuat ilustrasi berupa gambar yang bisa menjelaskan tema Bulan Diakonia.

Gambar tersebut bercerita tentang sekelompok orang yang sedang bekerja sama membangun sebuah bangunan. Mereka tidak berasal dari daerah yang sama, melainkan dari tempat yang berbeda-beda.  Di tempat yang baru mereka nglari (mencari, menemukan). Dengan nglari  mereka bertemu dengan orang lain yang  senasib. Karena memiliki rasa senasib, mereka pun hidup saling mengasihi satu sama lain. Ketika mereka pergi ke tempat yang belum pernah mereka kunjungi, mereka pasti membutuhkan teman untuk saling membantu. Oleh sebab itu, mereka berkumpul dan membangun agar mereka dapat selalu berkumpul, memiliki lebih banyak teman, beribadah bersama, dan dapat saling melayani satu sama lain.

Pada gambar tersebut, dapat dilihat ketika mereka saling melayani, mereka saling berbagi makanan dengan orang lain, orang yang sebelumnya tidak dikenali. Tetapi, dengan mereka saling berbagi itulah mereka dapat mengenal orang lain. Sama halnya ketika mereka membangun gedung gereja, yang awalnya mereka tidak saling kenal, menjadi saling kenal karena bekerja sama.

Begitu juga dengan sejarah GKSBS. Kakek nenek atau mbah kita, mereka pergi ke daerah yang belum pernah mereka kenal. Di tempat yang baru mereka menghadapi berbagai masalah, seperti kekeringan ataupun gagal panen. Itu semua mereka hadapi bersama-sama dengan saling menguatkan dan percaya pada Tuhan mereka bisa melewati masalah tersebut.

Selamat memasuki dan merayakan Bulan Diakonia.