MELAYANI ORANG YANG SAKIT JIWA

Pola hidup orang-orang sakit jiwa yang tidak dirawat oleh keluarganya terkadang nampak didepan kita, mereka hidup di jalanan, mereka makan makanan yang kotor, meresahkan masyarakat jika mereka marah, bahkan penampilan mereka terkadang mengundang orang untuk menjauhinya karena berbau yang tidak sedap. orang-orang seperti ini bisa jadi bukan karena keluarganya tidak mau mengurusnya, justru mereka sediri yang terkadang tidak mau diurus dengan baik oleh keluargannya. Salah satu bentuk pelayanan yang dilakukan oleh Gereja GKSBS Batanghari melalui Pondok Diakonia adalah melayani orang yang sakit jiwa. orang yang sakit jiwa yang dilayani oleh Pondok Diakonia GKSBS Batanghari adalah orang-orang yang sudah tidak menetap tinggal  dalam lingkungan keluargannya ( mereka tinggal dijalan, pasar atau pos ronda). saat ini sudah ada 4 orang coba dilayani oleh pengurus Pondok Diakonia GKSBS Batanghari.  sebagai contoh Mbah Mukri/ mbah Mutajab atau biasa kami panggil dengan nama Mbah Genesis karena simbah adalah orang pertama yang kami layani, simbah ini kurang lebih berumur 67 tahunan ia ditemukan antara jalan Metro-Pugungraharjo di daerah 42 Batanghari Lampung Taimur. ketika ditemukan ia dalam kondisi lusuh dan kurang terawat.

Kondisi Mbah Mukri/ Mbah Genesis ketika ditemukan

Kondisi Mbah Mukri/ Mbah Genesis ketika ditemukan

Ketika berada di Pondok Diakonia GKSBS Batanghari para pengurus segera merawantnya dengan memandikannya, menganti pakaiannya dengan yang bersih, memberinya makan seperti pada umumnya. dari pengalaman pengurus Pondok Diakonia GKSBS Batanghari, bahwa orang-orang seperti ini sebenarnya membutuhkan perhatian dan kasih sayang dari keluarga. setelah beberapa hari bahkan beberapa bulan di Pondok Diakonia, kondisi Mbah Gene  semakin baik. simbah mulai bisa mandi sendiri bahkan tanpa disuruh ia sudah mau mandi sendiri, dia bisa mulai cerita siapa keluarganya, dimana asalnya, dan siapa namanya. hal ini berbeda jauh ketika ia baru ditemukan. ia terkesan takut pada orang lain dan tidak mau banyak berkomunikasi dengan sembarangan orang.

mbah Gene di potong rambutnya

mbah Gene dicukur rambutnya

Exif_JPEG_420

mbah Gene dimandikan

Exif_JPEG_420

mbah Gene dengan penampilannya yang baru

Pelayanan Pondok Diakonia GKSBS Batanghari secara sederhana kepada orang-orang yang sakit jiwa mungkin baru terbatas sampai disini, tetapi kami memiliki keyakinan bahwa pelayanan kami yang sederhana ini mungkin berarti bagi mbah Gene, paling tidak simbah tidak tidur disembarang tempat, tidak makan makanan sisa, tidak selalu memakai pakaian yang kotor. doa kami simbah akan kembali kepada keluargannya dan dirawat dengan baik oleh keluargannya. harapan kami bahwa mereka yang dirawat di Pondok Diakonia GKSBS Batanghari akan mengingat siapa dirinya, siapa keluargannya dan akan kembali kepada keluargannya untuk menemukan kasih sayang dari keluarga.

 

 

Silahkan dibagikan ...Share on FacebookTweet about this on TwitterEmail this to someonePin on PinterestShare on Google+Share on LinkedIn

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*