Lain-Lain

This category contains 54 posts

Pesan Natal Bersama PGI – KWI 2014

PGI dan KWI 2014

PGI dan KWI 2014

(pgi.or.id) Keluarga berperan penting dalam sejarah keselamatan. Yesus, Sang Juruselamat, lahir di tengah keluarga sederhana, Maria dan Yusuf. Kelahiran Yesus menguduskan keluarga Maria dan Yusuf dan menjadikannya sumber sukacita yang mengantar orang berjumpa dengan Allah. Gembala datang bergegas menjumpai keluarga Maria, Yusuf, dan Yesus yang terbaring dalam palungan. Perjumpaan itu menyebabkan mereka pulang sebagai kawanan yang memuliakan Allah (Luk 2:20). Orang-orang Majus dari Timur sampai pada Yesus dengan bimbingan bintang, tetapi pulang dengan jalan yang ditunjukkan Allah dalam mimpi (Mat 2:12). Perjumpaan dengan Yesus menyebabkan orientasi hidup para gembala dan Majus berubah. Mereka kini memuji Allah dan mengikuti jalan-Nya.

Mengingat betapa pentingnya kehadiran Allah dalam keluarga, PGI (Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia) dan KWI (Konferensi Waligereja Indonesia) mengangkat tema: BERJUMPA DENGAN ALLAH DALAM KELUARGA (bdk. Lukas 2 : 16)

unduh >>>>> PESAN NATAL BERSAMA PGI dan KWI TAHUN 2014 <<<<<

MPK Belitang Menggelar Sosialisasi UU Desa

diskusi kelompok

diskusi kelompok

“Gereja itu seperti ibu dan seperti sekolah. Gereja harus bisa menyediakan ruang untuk berbagi dan bercerita tentang berbagai hal. Dari situlah gereja akan menjadi ajang untuk pendidikan warganya. Sayang sekali jika gedung gereja yang sudah kita bangun dengan megah ini hanya digunakan sekali saja dalam seminggu”. Pak Jarwo memberikan renungan pembukaan pada acara sosialisasi UU No. 6 tahun 2014 yang diselenggarakan oleh Majelis Pekerja Klasis Belitang di GKSBS Way Hitam.

MPK Belitang bekerjasama dengan Gerakan Aksi Kemanusiaan dan Solidaritas Indonesia (G-AKSI) Belitang. Sebagai informasi, G-AKSI adalah lembaga kemanusiaan dan sosial yang dibentuk oleh 3 jemaat di Klasis Belitang, yaitu GKSBS Way Hitam, GKSBS Kelirejo dan GKSBS EfataPurwodadi. Dijelaskan lebih lanjut oleh Pdt. Eko Nugroho, koordinator G-AKSI, bahwa lembaga sosial kemanusiaan ini sedang menggeluti 3 isu besar yaitu reforma agraria, pemberdayaan desa dan pengurangan resiko bencana. “bahkan G-AKSI sudah berbadan hukum”, Pdt. Eko menjelaskan lebih lanjut. Kerjasama antara G-AKSI dan MPK Belitang ini berangkat dari banyaknya warga jemaat di Klasis Belitang yang menjadi aparatur desa. Dari pantauan pelatihan ini ada sekitar 45 orang warga jemaat yang hadir dari berbagai macam lembaga desa, mulai dari ketua dan anggota BPD, ketua dan anggota Majelis Pertimbangan Desa (MPD), KAUR Pembangunan, Kepala Dusun, dan lain sebagainya.

fasilitasi oleh Pdt. Erik T. Purba dari YABIMA

fasilitasi oleh Pdt. Erik T. Purba dari YABIMA

Difasilitasi oleh Pdt. Erik Timoteus Purba dari Yayasan Bimbingan Mandiri (YABIMA), kita semua diajak untuk menjadi gereja yang berdiakonia transformatif yang juga bisa berangkat UU Desa ini.  Tetap dengan terus mengembangkan modal sosial.

 

 

 

Pdt. Em. Kusnin Hadi Pramono Dalam Kenangan

diambil dari facebook gksbs kurotidur

diambil dari facebook gksbs kurotidur

Founding Father GKSBS Kurotidur = Pdt.Emr.Kusnin Hadi Pramono = telah di panggil Bapa di Sorga pada hari kamis 8 November 2014. Meninggalkan istri “Ambar Swistanti” , 2 orang anak : Ester Fita Findani dan Yohana Era Pratiwi serta 1 orang cucu Titus Alfantio Septian Nugroho.

Keluarga besar Gereja Kristen Sumatera Bagian Selatan menyampaikan belasungkawa. Semangat beliau terus berkobar bagi penerus di GKSBS tercinta.

 

Informasi

Beberapa hal berikut admin sampaikan :

  1. file bahan PEKAN DIAKONIA sudah admin perbarui, sebelumnya file yang diunduh dinyatakan broken file dan ga bisa dubuka. untuk ini sudah admin re-upload (2 file). selanjutnya bila menemukan kerusakan/kesalahan file silahkan kontak kami.
  2. bila ada hal-hal yang perlu disampaikan kepada admin web ini silahkan menggunakan menu UNTUK ADMIN yang ada di pojok kanan atas.
  3. admin menerima materi tulisan, opini, artikel, dan terutama berita aktivitas di jemaat masing-masing (remaja, pemuda, ibu-ibu, kelompok kerja, kebaktian anak, dan lain-lain) untuk dimuat dalam web ini. silahkan kirimkan materi anda via email ke admin@gksbs.org

terimakasih atas perhatian semua.

 

salam,

admin

Pesan Paskah PGI Tahun 2014

1075_Tema-Paska-PGI-2014-628x250Mengajak seluruh umat Kristiani untuk bersama-sama menerjemahkan kuasa kebangkitan Kristus itu dalam kenyataan hidup sehari-hari dengan berbagai peluang dan tantangannya, yaitu “Kebangkitan-Nya Memulihkan Kehidupan”,  melalui hal-hal berikut ini:

    1. Perayaan Paskah hendaknya mendorong gereja-gereja mengkaji dan mendalami ulang segi-segi teologi dari mandat pemulihan kehidupan, khususnya pemulihan di antara sesama, dan tanggung jawab manusia terhadap ciptaan Allah yang meliputi hewan, tumbuhan, tanah, air dan udara dalam alam sekitar. Gereja-gereja dipanggil untuk mengimplementasikannya dalam berbagai aspek pelayanan gerejawi: liturgi, pengajaran, sakramen-sakramen dan pemberitaan firman Tuhan.
    2. Perayaan Paskah hendaknya menjadi momentum bagi gereja-gereja untuk semakin mempererat persekutuan dalam arak-arakan gerakan oikoumenis lintas-denominasi agar fungsi sebagai garam dan terang dapat diterapkan secara optimal di tengah-tengah situasi yang ada. Khususnya, dalam peristiwa-peristiwa bencana, agar gereja-gereja mengembangkan pelayanan diakonia dan aksi solidaritasnya bagi mereka yang membutuhkan uluran tangan dan sentuhan kasih baik melalui doa, maupun dalam bentuk-bentuk aksi yang paling konkret. Hendaknya gereja-gereja mengembangkan jaringan-jaringan yang ada demi pelayanan yang lebih efektif dan optimal.
    3. Perayaan Paskah hendaknya semakin mendorong gereja-gereja untuk kembali menegakkan martabat kemanusiaan, dengan mengkritisi struktur dan sistem yang tidak adil.

(silahkan donload selengkapnya…)

Download  >>>> Pesan Paskah 2014

Belajar Bahasa Inggris Bersama

Belajar bahasa Inggris bersama

Belajar bahasa Inggris bersama

“to upgrade writing and reading skill, conversation and for fun”. demikian garis besar harapan peserta belajar bahasa Inggris bersama di kantor Sinode GKSBS. Kelas yang mengambil 1 hari pada tiap senin, dimulai pukul 14.00 ini merupakan kegiatan bersama dengan bukan hanya co-worker Pdt. Henriette Johana Nieuwenhuis, staff kantor sinode, staff Yabima Indonesia, dan beberapa peserta yang berminat (pendeta-pendeta di sekitar Metro) tetapi juga bersama Sdr Novia Ranti, alumni Sekolah Tinggi Agama Islam Negri (STAIN) Metro yang saat ini juga sudah menjadi tenaga pengajar di SMK Gajah Mada Metro.

“Kelas ini untuk sementara dilaksanakan seminggu sekali, yaitu pada hari Senin selama 1,5 jam dimulai pukul 14.00. ini baru pertemuan pertama jadi kita mengawali dengan menyepakati beberapa hal terlebih dulu”.  ujar Henriette Nieuwenhuis. “Menyenangkan dan dilakukan dengan santai. sambil bermain game dalam belajar. saya pikir ini kegiatan sangat positip, dan kedepanya peserta bisa bertambah dan tidak hanya sekali seminggu” Elisabeth Suharyanti, staff YABIMA Indonesia menambahkan.

DOWNLOAD DI

Kategori